5 Langkah Agar Wanita 30-an Tetap Sehat



Manfaat menerapkan perilaku sehat sebagai kebiasaan di usia dini sangat banyak. Membuat pilihan gaya hidup yang lebih sehat sejak masih kanak-kanak akan membantu Anda mencegah berbagai kondisi kesehatan dan meningkatkan masa hidup karena Anda akan cenderung memegangnya sepanjang usia. Selain itu, Anda juga lebih cenderung meneruskan kebiasaan baik ini kepada anak-anak.



Usia 30-an merupakan periode yang penting bagi wanita. Masa ini bisa berarti waktu yang tepat untuk memeriksa kesehatan dan membuat diri siap untuk menerapkan kehidupan yang lebih sehat dan memuaskan.

Saat memasuki usia 30-an, tubuh mengalami sejumlah perubahan meskipun Anda mungkin tidak melihat perbedaannya. Nutrisi yang baik dibarengi dengan kebugaran dan kebiasaan sehat lain sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Berikut aturan kesehatan yang akan membantu mencegah kenaikan berat badan serta hidup lebih lama dan sehat untuk wanita di usia 30 tahun, seperti dilansir dari laman Times Now News.

1. Temukan Olahraga yang Anda Sukai

Ketika mencapai kelompok usia 30-40 tahun, Anda mulai kehilangan massa otot dan tubuh berhenti berfungsi seperti dulu saat di usia 20-an. Setelah 35 tahun, massa tulang wanita juga mulai menurun dan risikonya terhadap osteoporosis lebih tinggi karena tulang menjadi lebih tipis dan ringan.

Berpegang teguh pada aktivitas fisik yang Anda nikmati akan membantu tetap bugar, mendukung kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, dan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah untuk melakukan aktivitas moderat 150 menit yang direkomendasikan per minggu.

2. Makan Makanan yang Seimbang

Sertakan banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dalam makanan. Makanan tersebut kaya serat, protein, dan nutrisi penting lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa 32 tahun adalah usia terbaik bagi seorang wanita untuk mulai berdiet. Hindari tambahan gula, yang tidak memiliki nutrisi penting dan dapat meningkatkan risiko kondisi kronis seperti obesitas ataupun penyakit jantung.

3. Pilih Lemak Sehat
Ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dari minyak zaitun, minyak alpukat, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta kematian dini. Memilih lemak sehat juga akan membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus memangkas berat badan.

4. Hidrasi
Minum cukup air akan membantu menurunkan berat badan, meningkatkan pencernaan, meningkatkan mood, dan masih banyak lagi. Terkadang, air biasa bisa sangat membosankan. Jadi bubuhi rasa Anda sendiri untuk menambah rasanya dan memenuhi kuota harian Anda. Pastikan saja Anda memilih bahan-bahan alami seperti potongan semangka atau irisan jeruk.

5. Perhatian
Perhatian telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Ini dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan fokus, meningkatkan materi abu-abu di otak, dan mengelola rasa sakit kronis.

Latihan ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu mencapai kemajuan dalam upaya menurunkan berat badan, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Juga, pahami sejarah medis Anda dan keluarga karena ini akan membantu Anda ataupun dokter agar lebih siap menghadapi masalah kesehatan apapun yang mungkin muncul.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.