Air Terjun Blangsinga di Bali, Wisata Eksotis yang Menjelma dari TPA


Pariwisata new normal sudah dijalankan di Bali. Bagi kamu yang ingin objek wisata baru sekaligus kesempatan menikmati hijaunya alam serta sejuknya percikan air saat berwisata di Bali, Air Terjun Blangsinga bisa menjadi alternatif.

Terletak di wilayah Bali selatan, kamu bisa menemukan panorama air terjun yang memanjakan mata ini.

Meski begitu, keberadaan Air Terjun Blangsinga baru dipedulikan sekitar dua tahun belakangan ini.

Sebelumnya, banyak pemandu wisata dan turis yang enggan mengunjungi tempat ini saking kotornya lahan parkir yang ada.

Rupanya, lahan tersebut digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, baik itu sampah sehari-hari maupun sampah sisa upacara adat.

Padahal, kalau saja sampah-sampah tersebut tidak ada, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menjanjikan.

Berawal dari keinginan tersebut, akhirnya warga sekitar pun bahu-membahu demi membersihkan area sekitar Air Terjun Blangsinga.


Kesadaran mereka akan pentingnya kebersihan di tempat wisata telah membuat warga menjadi lebih tertib dalam mengelola sampah.

Salah satu contohnya adalah saat mereka melakukan upacara ngaben atau ritual pemakaman bagi orang Bali.

Kalau dulu sampah bekas upacara dibiarkan begitu saja, kali ini krama adat yang ada akan lekas membersihkannya.

Berkat usaha tersebut, area yang tadinya terkenal kumuh pun menjelma menjadi destinasi wisata yang elok untuk dikunjungi.

Dengan tinggi sekitar 12 hingga 15-an meter, Air Terjun Blangsinga memang tergolong tidak terlalu tinggi namun memiliki debit air yang deras.

Di sini, selain berfoto dengan latar belakang air terjun, kamu juga bisa berenang di kolam alami yang ada atau sekadar berdiri sembari merasakan sejuknya air memerciki wajah.

Sedangkan di pagi hari, Air Terjun Blangsinga terkenal sebagai tempat yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan yoga atau meditasi ditemani atmosfer tenang nan alami.

Meski perlu menuruni tangga yang jumlahnya ratusan demi mencapai air terjun ini, rasa lelahmu dijamin tidak akan sia-sia.

Selain air terjun, destinasi yang satu ini juga sudah dilengkapi gazebo untuk beristirahat, restoran, hingga fasilitas ruang ganti dan toilet.

Ke depannya, warga sekitar pun berencana untuk terus mengembangkan fasilitas di sekitar Air Terjun Blangsinga ini.

Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk mencapainya, kamu cukup berkendara sekitar 45 hingga 50 menit lamanya dari daerah Denpasar, Kuta, atau Seminyak.


Sumber : suara.com

No comments

Powered by Blogger.