Atasi Nyeri Akibat Sakit Gigi dengan Berkumur Air Garam



Jika Anda sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar ketidaknyamanan Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan cara terbaik menghilangkan rasa sakit, bengkak, atau gejala lainnya.


Bagi banyak orang, berkumur air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi Anda.

"Air garam itu terbukti bisa mengatasi sakit gigi lho. Biasanya makanan penyebab sakit gigi itu bisa menempel kan dan menyebabkan sakit. Cara ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri ketika gigi sakit," kata drg Anggi Pratiwi baru-baru ini.

Pada dasarnya, air garam memiliki sifat basa, sedangkan area di dalam mulut memiliki sifat asam sehingga berkumur dengan air garam dapat menetralkan. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

"Berkumur air garam itu terbukti ampuh dan membunuh kuman jahat," sambungnya.


Adapun takaran air garam dijelaskan drg Anggi yakni dengan cara larutkan setengah sendok teh air garam ke dalam 200—250 cc air hangat. Aduk hingga air dan garam tercampur merata, kemudian kumur-kumur dengan air garam selama 30 detik.

"Kalau kamu punya gelas belimbing di rumah, kayak gelas yang berkisar 200 sampai 250 cc, kemudian kamu masukin setengah sendok teh garam. Kalau bisa sih pakai air anget biar lebih larut ya. Kita aduk dulu ya sampai dia lebih cepat larut dan kumur. Durasinya 30 detik aja," ujar dia.

Sumber:sindonews 

No comments

Powered by Blogger.