Bocah Tewas Lantaran Terlalu Banyak Minum Air



Pelaku mengatakan sang anak memiliki masalah saluran kencing!

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, meski kita selalu diingatkan untuk meminum air putih yang banyak, namun jika kebanyakan malah akan membahayakan kesehatan kita sendiri. Bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.



Zachary, seorang anak laki-laki berusia 11 tahun asal Colorado, Amerika Serikat dilaporkan tewas seusai dipaksa oleh orang tua tirinya untuk minum air dengan takaran berlebihan. Peristiwa itu terjadi pekan lalu, ketika ayah dan ibu tiri bocah itu menyerahkan diri ke polisi atas dugaan pembunuhan.

Kedua pelaku yaitu Ryan (41) dan Tara Sabin (42), dari Black Forest, timur laut Colorado Springs, kini didakwa atas dugaan pembunuhan tingkat pertama serta kekerasan pada anak.

Menurut laporan, bocah 11 tahun tersebut dipaksa untuk meminum sebanyak empat botol air 709 mililiter selama empat jam dan tidak makan. Para pelaku mengatakan bahwa Zachary mempunyai masalah saluran kencing sehingga membuatnya harus selalu mengenakan popok ketika tidur.

Mereka mengaku menyuruh sang anak selalu meminum dua botol air sehari lantaran air kencing korban sangat bau.

Keesokan paginya setelah korban meminum banyak air, ia ditemukan tewas di dalam kamarnya. Sebagaimana diberitakan dailymail.co.uk, Ryan Sabin dan seorang sersan yang bermarkas di Fort Carson, menelepon 911 setelah menemukan Zachary dalam kondisi mengenaskan di kamarnya, dengan busa keluar dari mulut dan darah di tempat tidur.

Kepada polisi, Ryan Sabin mengaku mendapat pesan dari sang istri pada malam 10 Maret lalu. Tara mengatakan bahwa Zachary tidak mau meminum air , sehingga Tara harus memaksanya supaya bersedia minum air.

Lalu malam hari saat seluruh anggota keluarga tertidur, korban rewel dan mengatakan pada sang ayah bahwa dirinya sudah tidak sanggup lagi minum air dan kakinya juga terasa sakit. Hal itu membuat sang ayah marah sehingga menendang sang anak sebanyak dua kali.

Ia bahkan mengancam Zachary untuk menendangnya lebih keras jika ia tidak segera bangun. Ryan mengaku mendengar anaknya merintih dan mengeluarkan suara yang tidak dipahami sebelum akhirnya membaringkannya di tempat tidur.

Larangan meminum air terlalu banyak

Melansir dari halodoc.com, kita tidak dibolehkan untuk mengonsumsi air putih terlalu banyak, sebab bisa menyebabkan pembengkakan otak. Hal itu dipicu dari organ ginjal yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Jadi terlalu sedikit atau pun terlalu banyak minum air sama-sama berisiko merusak ginjal.

Jika minum terlalu banyak air, maka darah akan menjadi encer sehingga ginjal tidak bisa menyaringnya cukup cepat untuk menjaga keseimbangan natrium yang tepat. Sehingga limbah akan menumpuk di dalam darah. Air yang tidak diserap oleh ginjal juga akan diserap oleh sel-sel lain di dalam tubuh. Sebagian sel bisa merenggang apabila menyerap air terlalu banyak.

Kondisi demikian bisa saja terjadi di sel-sel otak dan menyebabkan sel-sel tersebut membengkak. Hal itu bisa menyebabkan seseorang kejang, koma hingga meninggal dunia, selain itu juga mengakibatkan pembengkakan otak.

Nah, menurut dokter kita dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya, sebab 70 persen berat tubuh kita terdiri dari air. Jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak dalam mengonsumsi air putih.

Sumber :linetoday

No comments

Powered by Blogger.