Covid-19 Meluas, Australia Perpanjang Keadaan Darurat hingga 19 Juli



     Pemerintah Australia memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat di negara bagian Victoria, setelah turun laporan virus Covid-19 semakin meluas. Perpanjang dilakukan hingga 19 Juli 2020 atau empat pekan dari sekarang.



Langkah itu dilakukan sehari setelah negara itu mengumumkan akan memberlakukan kembali pembatasan pengunjung ke rumah tangga menjadi lima orang dan pertemuan luar ruangan menjadi 10, mulai Senin esok. Pembatasan telah dilonggarkan untuk memungkinkan 20 orang di rumah tangga dan pertemuan publik pada tanggal 1 Juni.

Victoria melaporkan 19 kasus infeksi baru pada hari ini, hari kelima kenaikan kasus sebanyak dua digit. Negara bagian Australia itu sekarang memiliki 1.836 total kasus yang dikonfirmasi, atau seperempat dari kasus di Australia, sejak pandemi Covid-19 meletus.

Menteri Kesehatan Negara Bagian Jenny Mikakos mengatakan 210 dari kasus di negara bagian itu diyakini terkait dengan transmisi di masyarakat, sebagian menyalahkan keluarga yang telah mengadakan pesta besar, makan siang dan makan malam yang dihadiri oleh orang-orang dengan gejala ringan sejak pembatasan mereda pada 1 Juni.

“Kami jelas prihatin dengan meningkatnya jumlah yang kami saksikan dalam beberapa hari terakhir. Ini masih situasi yang sangat serius,” kata Mikakos kepada wartawan pada konferensi media televisi di Melbourne seperti dilansir dari Reuters.

Dengan keadaan darurat yang diperpanjang, polisi mengatakan mereka berencana untuk meningkatkan upaya penegakan hukum, terutama di pinggiran kota di mana terdapat peningkatan kasus dan melakukan patroli di resor ski serta taman camper van selama liburan sekolah yang akan datang.

“Ini bukan waktunya untuk berpuas diri. Ini adalah waktunya untuk kembali mengingatkan diri kita bahwa kita semua memiliki peran dalam menghentikan virus yang menang di komunitas kita,” kata menteri kepolisian Victoria, Lisa Neville, kepada wartawan.

Penghitungan kasus pada hari Minggu termasuk pemain sepak bola Australia Rules, yang pertama di liga hasil tesnya positif. Ini membuat seluruh tim dan staf pelatihnya diminta untuk mengisolasi mandiri.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.