Hanya Butuh Rp88 Ribu, Pasien Covid-19 Bisa Sembuh dengan Obat Pasar Ini



    Penelitian terkait obat Covid-19 memperlihatkan hasilnya sekarang. Ya, peneliti dari Oxford University berhasil menemukan fakta bahwa obat pasar Dexamethasone ampuh sembuhkan infeksi Covid-19.



Obat pasar yang satu ini tersedia di seluruh dunia dan harganya relatif murah. Karena itu, peneliti mengutarakan bahwa dengan penggunaan obat ini sebagai bagian dari pengobatan pasien Covid-19 akan sangat membantu negara miskin dengan jumlah kasus yang cukup tinggi.

Berdasar laporan BBC, obat Dexamethasone itu perkiraan harganya sekira 5 euro atau Rp88ribuan. "Obat ini bisa digunakan dalam rutasi pengobatan 10 hari. Dengan begitu, perkiraan pengeluaran pasien Covid-19 sampai sembuh sekira 35 euro atau Rp622 ribu," kata peneliti utama Prof Martin Landray.

Meski cenderung murah, Anda diminta untuk tidak membeli sendiri obat ini di apotek umum. Sebab, obat Dexamethasone hanya diperuntukan untuk pasien Covid-19 dengan kondisi parah. Artinya, obat ini hanya diperuntukkan pasien yang membutuhkan bantuan ventilator dan alat bantu oksigen.

"Pada pasien dengan gejala rendah atau tidak memiliki masalah pernapasan, obat ini tak begitu memberikan dampak positif kesembuhan pasien Covid-19," sambung Prof Landray.

Berdasar hasil penelitian, untuk pasien Covid-19 dengan bantuan ventilator, risiko kematian menurun dari 40% jadi 28%. Sedangkan, pada pasien Covid-19 dengan alat bantu oksigen, risiko kematian menurun dari 25% jadi 20%.

Prof Landray menyatakan, kalau saja obat ini sudah dipergunakan sejak awal pandemi di Inggris, sebanyak 5.000 nyawa dapat diselamatkan. Bahkan, Kepala Petugas Medis untuk Inggris Prof Chris Whitty mengatakan, obat pasar Dexamethasone ini akan menyelamatkan nyawa di seluruh dunia.


Perlu Anda ketahui, obat Dexamethasone merupakan obat yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradagangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun. Obat ini juga dikenal sebagai steroid dosis rendah.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.