Ini Tips Aman Liburan Saat New Normal


Virus corona baru atau Covid-19 belum hilang dari Indonesia atau negara-negara lain. Namun, pemerintah sudah membuka kembali sejumlah sektor untuk menggerakan roda ekonomi.

Salah satu sektor yang dibuka adalah sektor transportasi, dan ini membuat traveler bisa melakukan perjalanan untuk menikmati liburan.


Hanya saja, ancaman Covid-19 yang masih ada membuat traveler sebaiknya berhati-hati, dan juga tidak melakukan perjalanan jauh guna menghindari terkena atau mengenakan virus tersebut.

Individu masih bisa tetap berada di wilayahnya, dan menikmati hiburan-hiburan yang ada. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar liburan dapat dilakukan dan sebisa mungkin terhindar dari Covid-19. Tetap berada di rumah adalah pilihan yang paling baik.

Pertama, pastikan tempat hiburan yang akan Anda kunjungi memiliki protokol kesehatan ketat. Tidak hanya itu, pastikan juga protokol kesehatan di tempat yang akan Anda kunjungi benar-benar dijalankan dan tidak hanya sekedar syarat bagi mereka untuk buka lagi.

Kedua, cari tempat-tempat hiburan yang memiliki jarak sedekat mungkin dengan tempat tinggal Anda. Jarak yang lebih dekat berarti kemungkinan terkena virus juga lebih kecil.

Ketiga, sebisa mungkin gunakan kendaraan pribadi, dan pergi dengan orang-orang yang Anda ketahui dengan persis kondisinya atau riwayat kegiatannya.

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda bisa menyewa atau menggunakan transportasi umum yang lebih pribadi. Ingat pergi ke tempat hiburan bukan kebutuhan mendesak, dan Anda tidak akan dalam keadaan darurat jika tidak pergi berlibur.

Keempat, patuhi semua protokol kesehatan yang diterapkan oleh pengelola tempat hiburan, selalu jaga jarak aman, dan jangan pernah melepas masker atau face shield Anda. Anda sedang berada di tempat umum dengan ada kemungkinan berhadapan dengan orang lain yang bisa saja tertular Covid-19, namun tidak memiliki gejala atau OTG.

Kelima, bawa makanan dan minuman sendiri. Dengan membawa makanan dan minuman sendiri berarti Anda telah mengurangi kontak dengan orang lain.

Keenam, persiapkan uang elektronik dan uang tunai yang cukup. Ingat sekecil mungkin melakukan kontak dengan orang lain. Penggunaan uang elektronik berarti Anda tidak menerima uang fisik dari orang lain yang tidak menutup kemungkinan uang tersebut menjadi fomite. Sementara uang tunai perlu disiapkan agar Anda tidak perlu ke ATM jika itu dibutuhkan.

Ketujuh, bawa hand sanitizer, dan jangan segan untuk langsung menggunakan hand sanitizer sebelum atau sesudah - jika terpaksa - kontak dengan orang lain.

Kedelapan, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda sedang dalam keadaan baik, dan tidak terkena Covid-19. Jika kondisi tubuh dalam keadaan tidak baik, sebaiknya tetap berada di rumah karena daya tahan tubuh yang sedang turun membuat Anda rentan terkena virus. Sementara jika Anda terkena Covid-19, tetap di rumah atau pergi ke rumah sakit merupakan langkah tepat, dan jangan sampai menulari orang lain..!!!




Sumber : bisnis

No comments

Powered by Blogger.