Manfaat Bubuk Peppermint untuk Kesehatan Hingga Menghilangkan Jerawat



Peppermint merupakan tanaman, yang biasanya sebagai aromaterapi, dan memilikik banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun peppermint bisa diolah menjadi bubuk, yang digunakan sebagai penyedap masakan, atau dijadikan kreasi minuman.



Peppermint memiliki kandungan mentol, methone, menthyl acetate dan limonene. Peppermint juga memiliki kandungan beta pinene dan beta caryophyllene, yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulut hingga wajah.

Berikut manfaat bubuk peppermint, yang bermanfaat untuk kesehatan hingga menghilangkan jerawat, dilansir dari berbagai sumber:

Menghilangkan Jerawat

Manfaat bubuk peppermint yang pertama, yaitu membantu mengatasi masalah kulit berjerawat, yang membantu mempercepat mengeringkan jerawat. Peppermint memiliki sensasi dingin dan pedas, jika dikonsumsi pada sebuah makanan dan minuman. Namun bubuk peppermint yang terkandung dalam skincare juga bisa memberikan sensasi dingin di kulit.

Peppermint memiliki kandungan salicylic acid, yang bisa membantu mengurangi gatal dan iritasi, yang disebabkan karena jerawat. Peppermint juga memiliki kandungan vitamin A, yang bisa membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, yang bisa menjadi penyebab jerawat.

Merawat Rambut

Manfaat bubuk peppermint yang kedua, bisa membantu merawat rambut, yang rusak karena bahan kimia maupun karena rambut yang jarang terawat. Bubuk peppermint sering dijadikan bahan shampo, yang bisa menyebabkan sensasi dingin di kulit kepala, dan mampu menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Bubuk peppermint dapat membantu menstimulasi aliran darah di kulit kepala, yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, dan merawat rambut yang mudah rontok.

Menghilangkan Sakit Kepala

Manfaat bubuk peppermint yang ketiga, yaitu bisa membantu mengatasi sakit kepala, atau migrain yang sering terjadi pada seseorang. Peppermint bisa membantu menenangkan pikiran, dan membuat otak menjadi lebih rileks, agar tidak mudah pusing akibat stres.

Menurut salah satu penelitian, peppermint mempunyai manfaat yang sama dengan obat paracetamol, yang bisa membantu mengatasi sakit kepala. Gunakan bubuk peppermint sebagai air rendaman, yang digunakan untuk berendam, agar tubuh dan kepala terasa lebih rileks.

Menyembuhkan Influensa

Manfaat bubuk peppermint yang keempat, yaitu bisa membantu mengatasi sakit influensa, seperti batuk maupun pilek. Bubuk peppermint memiliki kandungan menthol, yang bisa membuat pernapasan lebih lega, dan bisa membantu mengencerkan ingus karena pilek.

Bubuk peppermint bisa membantu merangsang reseptor sensorik hidung, pada saat hidung tersumbat karena pilek, agar sistem pernapasan bisa bernapas dengan lega. Campurkan bubuk peppermint dengan air, lalu hirup aromanya selama beberapa menit, untuk membantu menyembuhkan influensa.

Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Manfaat daun peppermint yang terakhir, yaitu bisa membantu mengatasi sakit perut, yang disebabkan karena gangguan sistem pencernaan. Peppermint bisa membantu menyembuhkan IBS atau irritable bowel syndrome. IBS adalah gangguan pada usus yang membuat kram perut, perut kembung, dan menyebabkan BAB menjadi tidak teratur.

Peppermint berperan untuk mengaktifkan saluran anti-nyeri yang berada di usus besar, sehingga membuat usus besar terasa tidak sakit, dan BAB menjadi lebih lancar.

Sumber : fimela

No comments

Powered by Blogger.