Mengandung Antioksidan yang Tinggi, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Blueberry untuk Kesehatan


Blueberry adalah buah yang berbentuk bulat kecil seperti anggur, yang memiliki rasa manis dan kaya akan nutrisi. Buah ini lebih rendah kalori yang baik untuk camilan sehat saat diet. Selain sebagai menu diet untuk menurukan berat badan, buah ini juga memiliki manfaat lain untuk sehatan tubuh seperti berikut ini.

Rendah Kalori dan Tinggi Nutrisi

Blueberry berukuran kecil, warnanya hijau ketika masih mentah dan akan berubah ungu kebiruan saat matang. Blueberry adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin C dan K, mangan. Selain itu buah ini mengandung 85% air.

Kaya Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat mencegah penuaan dini serta penyakit lainnya seperti kanker. Blueberry diyakini memiliki antioksidan tertinggi dari semua buah dan sayuran lainnya. Senyawa antioksidan dalam blueberry termasuk dalam kelompok antioksidan polifenol yang disebut flavonoid. Flavonoid khususnya anthocyanin dianggap memiliki efek kesehatan yang bermanfaat dari buah beri ini.

Melindungi Kerusakan DNA

Kerusakan DNA oksidatif adalah bagian tak terhidarkan dari kehidupan sehari-hari. Kerusakan DNA ini juga memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit seperti kanker. Blueberry yang kaya akan antioksidan dapat menetralkan beberapa radikal bebas yang merusah DNA. Mencampurkan blueberry dengan jus apel setiap hari, dapat mengurangi kerusakan DNA oksidatif sebesar 20%.

Menurunkan Tekanan Darah

Blueberry tampaknya memiliki manfaat signifikan begi orang dengan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Ini sangat baik bila dikonsumsi bagi orang dengan memiliki berat badan berlebih yang memiliki risiko penyakit jantung.

Memiliki Efek Anti-Diabetes

Blueberry mengandung gula dalam jumlah sedang dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Anthocyanin dalam blueberry memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. Sensitivitas insulin yang meningkatkan dapat menurunkan risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Blueberry adalah jenis buah yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan jantung, fungsi otak dan banyak lagi manfaat lainnya. Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.