Mengenal Jamur Enoki, Benarkah Berbahaya?



Jamur enoki menjadi perhatian publik, setelah sebuah laporan menyebutkan bahwa empat orang meninggal dan 31 orang dirawat di rumah sakit karena bakteri listeria, yang kemungkinan disebabkan karena mengonsumsi jamur enoki dari perusahaan Korea Selatan.


Jauh sebelum ada kasus itu, jamur enoki adalah jenis jamur yang dibudidayakan yang terdiri dari sekelompok tangkai putih panjang dan tipis dengan topi putih. Jamur ini juga dikenal sebagai jingu (China), paengi beoseot (Korea), dan nấm kim châm (Vietnam).

Jamur Enoki adalah kultivar flammulina velutipes, lebih dikenal sebagai jamur liar enoki, yang memiliki batang lebih pendek, berwarna cokelat-persik, dan memiliki tutup besar.

Jamur enoki tumbuh secara alami dari tunggul pohon hackberry China, juga dapat tumbuh pada pohon ash, kesemek, atau pohon murbei. Perbedaan utama antara enoki liar dan budidaya adalah bahwa varietas yang dibudidayakan tidak pernah terpapar cahaya dan tumbuh di lingkungan yang kaya karbon dioksida untuk mendorong pertumbuhan batang panjang.

Dilansir Onegreenplanet, jamur enoki memiliki tekstur yang kuat dan rasa yang ringan. Saat memilih jamur enoki, periksa cluster secara menyeluruh. Anda yang ingin mengonsumsi jamur enoki putih, disarankan hindari apapun yang tampak berlendir atau berubah warna. Sebelum digunakan, simpan jamur dalam kantong kertas di lemari es hingga satu minggu.

Di sisi lain, jamur enoki adalah sumber yang kaya akan beberapa vitamin dan mineral. Jamur ini mengandung vitamin B3, B5, B1, dan B2 serta fosfor, zat besi, dan tembaga. Selain itu, terdapat asam amino tryptophan, threonine, Isoleucine, Leucine, dan lysine.

Jamur enoki merupakan sumber serat makanan yang baik, bahkan jamur enoki mentah mengandung lebih banyak serat daripada kol hijau, bahkan dan antioksidan seperti selenium.

Jamur enoki dikenal sebagai sumber asam linoleat terkonjugasi non-daging (CLA) yang dapat membantu mengurangi lemak usus jika dikombinasikan dengan kandungan seratnya yang tinggi. Di Jepang, jamur enoki sangat populer diolah menjadi es enoki. Jamur enoki juga dapat digunakan dalam sup, kari, saus, dan lainnya.

Karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, jamur enoki telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China dan Jepang untuk mengobati penyakit hati, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit perut.

Jamur enoki segar bisa ditemukan dengan mudah di toko grosir Asia. Anda juga dapat menemukannya di toko bahan makanan yang membawa barang-barang khusus, seperti makanan utuh atau bahkan di pasar setempat. Jika Anda tidak dapat menemukan yang segar, cari jamur kering, yang hanya perlu direhidrasi sebelum digunakan.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.