Tak Hanya Enak, Dark Chocolate Juga Bisa untuk Merawat Rambut



      Dark chocolate identik dengan camilan favorit banyak orang yang mengandung kakao padat, cocoa butter, gula, tanpa susu. Manfaatnya tak hanya sehat, namun juga baik untuk mencegah terjadinya rambut rontok.



Dark chocolate sendiri terkenal sebagai alternatif pilihan yang lebih sehat, jika dibandingkan dengan variasi cokelat lainnya.

Dilihat dari segi manfaat lainnya, banyak penelitian yang mengklaim bahwa dark chocolate dapat membantu meningkatkan banyak masalah tubuh, terutama yang berkaitan dengan rambut.

Salah satunya menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Seperti dikutip Timesofindia, Jumat (29/5/2020), dari satu penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan beberapa hasil menarik berkaitan dengan hubungan antara dark chocolate dan pertumbuhan rambut.

Dark chocolate, kaya akan kakao yang mengandung proanthocyanidins. Itu merupakan senyawa yang diketahui bisa memicu pertumbuhan rambut.

Ketika sekelompok peneliti memberikan beberapa dark chocolate ke sekelompok tikus yang menjadi percobaan, hasilnya memperlihatkan bahwa proanthocyanidins yang ada dalam cokelat, menginduksi fase anagen (fase pertumbuhan aktif folikel rambut yang mana akar tumbuh berlipat ganda secara signifikan) dari pertumbuhan rambut.

Maka dari itu, tak heran dark chocolate begitu membantu meningkatkan volume rambut. Karena adanya beberapa kandungan mineral kaya ada di dalamnya, yang bisa mendorong pertumbuhan sel. Seiring dengan meningkatnya aliran darah ke kulit kepala, yang menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Cara memanfaatkan dark chocolate untuk digunakan sebagai bahan perawatan rambut selain masalah rontok, langkahnya cukup mudah. Misalnya untuk memperbaiki helai-helai rambut yang kering, dark chocolate bisa dibuat jadi masker.

Kemudian cukup mencampurkan beberapa potong dark chocolate dan minyak kelapa lalu dicampur hingga menjadi masker. Aplikasikan ke rambut, diamkan selama satu jam. Lalu bilas bersih dengan air hangat. Selamat mencoba!


Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.