Tak Perlu ke Pengadilan, Pasangan Ini Jalani Sidang Perceraian Virtual




Menghadiri pernikahan secara virtual mulai menjadi hal baru yang semakin familiar belakangan ini. Namun, apakah perceraian virtual juga bisa dilakukan di tengah pandemi Covid-19?

Baru-baru ini, sepasang suami istri menjalani prosedur perceraian virtual pertama di Delhi, India. Sidang perceraian keduanya dilakukan melalui konferensi video.


Melansir Times of India, Rabu (17/6/2020), pasangan tersebut berada di kota berbeda dan tidak bisa bertemu secara langsung karena adanya pandemi Covid-19. Oleh karenanya, mereka diminta mengisi dan melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan secara daring.

Setelah itu, seluruh persidangan dilakukan melalui konferensi video. Pengacara mereka melakukannya dari tempat kerjanya di Delhi. Hakim pengadilan keluarga, Deepak Garg, serta staf pengadilan pun berpartisipasi dari rumah mereka.

"Saya telah mendengarkan kedua pihak dan juga penasihat mereka melalui konferensi video ketika kerja pengadikan ditunda karena pandemi Covid-19. Kedua pemohon telah diidentifikasi oleh penasihat mereka, Aanchal Tikmani," ungkap pihak pengadilan.

Pengadilan Tinggi Delhi sendiri telah meresmikan fasilitas e-filling pada Sabtu (13/6/2020) lalu. Fasilitas itu memungkinkan para advokat dan orang-orang yang berperkara mengajukan dokumen pengadilan online kapan saja.

Sementara itu, putusan perceraian virtual pertama di Delhi menandakan penerapan konsep new normal di instansi pengadilan. Selanjutnya, kasus-kasus reguler lainnya juga bakal didengar dan diputuskan di ruang virtual.

"Ini sangat melegakan bagi pihak-pihak yang terlibat. Itu nyaman dan tidak merepotkan bagi semua pemangku kepentingan, terutama seperti ketika pekerjaan pengadilan reguler ditangguhkan," tambah sumber itu.


Sumber : suara.com

No comments

Powered by Blogger.