Tenda isolasi


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, mempunyai cara unik untuk merawat para pasien Covid-19.

Berbeda dengan rumah sakit pada umumnya, di sini para pasien Covid-19 disediakan fasilitas outdoor layaknya camping ground atau berkemah di tempat alam terbuka.

Tenda serta api unggun juga tersedia di sana.Bahkan, para pasien juga bisa bersantai sembari menikmati layanan internet gratis yang disiapkan rumah sakit.



Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, fasilitas ini dibuat sebagai salah satu upaya agar mereka yang menjalani proses perawatan dapat cepat kembali pulih.

Dengan perawatan seperti itu, imunitas para pasien diharapkan dapat cepat meningkat dan sembuh dari serangan virus corona.

"Ini juga agar pasien tidak jenuh. Jadi mereka merasa seakan liburan, tidak seperti dirawat, sehingga imunitas tubuhnya bisa cepat normal lagi," kata Dodi melalui pesan singkat, Selasa (23/6/2020).

Dodi menerangkan, selama menjalani isolasi outdoor tersebut, para pasien akan diawasi tenaga medis secara ketat selama 24 jam.

Berdasarkan saran dari tenga medis, metode perawatan outdoor dengan fasilitas liburan ini bisa menimbulkan efek positif terhadap pasien, sehingga proses penyembuhan akan berlangsung cepat.

"Jadi ini terapi holistik yang merupakan terapi tambahan, diyakini akan memberikan efek psikologis yang baik terhadap pasien, sehingga pasien bisa sembuh lebih cepat tanpa harus mengalami perasaan yang tertekan secara psikologis," ujar Dodi.

Direktur RSUD Sekayu Makson Parulian Purba menambahkan, konsep humanis dan outdoor itu dibuat agar pasien bisa merasa sedang liburan di alam terbuka, sehingga tidak jenuh.

Hal tersebut juga terapi bagi pasien Covid-19 agar tidak stres saat mendapatkan penanganan di tempat isolasi.

Makson menjelaskan, pasien juga bisa menjalani perawatan di ruang isolasi indoor dengan fasilitas free wifi, olahraga dan sarapan pagi seperti di tempat wisata.

"Dengan harapan konsep isolasi dan terapi seperti ini membuat kestabilan pasien Covid-19 lebih cepat pulih," ujar dia.

Menurut Makson, lokasi isolasi outdoor tersebut berada jauh dari jangkauan publik dan pengunjung rumah sakit, sehingga aktivitas pasien Covid-19 benar-benar tidak bersentuhan dengan masyarakat lainnya.











Sumber : kompas 

No comments

Powered by Blogger.