TKI Asal Karanganyar Pulang Kampung, Dikarantina Di Jakarta dan Semarang


Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang pulang ke kampungnya langsung menjalani karantina di dua tempat sebelum dijemput kembali ke kampung. Ada 2 TKI asal Karanganyar yang kembali setelah kontraknya habis.


‘’Satu TKI dari Malaysia, setelah bekerja 6 tahun di negeri jiran, dia pulang ke Karanganyar bersama TKI dari Bma, Pati, Brebes dan lainnya. Saat pulang dia sudah harus membawa hasil swab. Kalau positif akan dijemput Dinas Kesehatan langsung dibawa ke RSUD, kalau negatif dijemput petugas Disdagnakertrans dan adennya dipulangkan ke rumahnya,’’ kata Martadi, Plt Kadisdagnakertrans, Rabu.

Aturan ketat itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang sedang mengganas, sedang mewabah. Sehingga dari Kementerian Tenaga Kerja diberlakukan sampai daerah, sehingga setiap hari selalu update informasi ke Jakarta.

Seperti ketika ada TKI dari Malaysia datang, Disdagnakertrans langsung berkoordinasi. Meski TKI itu dinyatakan hasil swab negatif, dia langsung dikarantina di Jakarta dua minggu setelah itu dijemput petugas dari Disnaker Jateng dan dikarantina lagi dua minggu, baru dijemput petugas dari Karanganyar dan petugas dari agen  yang memberangkatkan dulu.

‘’Itupun masih kita sarankan agar berada di rumah selama dua minggu jangan banyak beraktifitas sehingga masyarakat di kampungnya familier semua, baru leluasa beraktifitas. Ini demi semuanya aman dan tenteram,’’ kata Martadi.

Sedangkan satu lagi TKI pulang dari Hongkong, oleh BP2TKI malah langsung diantar sampai rumahnya di Tawangmangu, karena sudah membawa hasil swab tes dan dinyatakan negatif. Namun Disdagnakertrans sudah berkoordinasi dengan bidan desa dan camat untuk mengawasi dan dikarantina dua minggu.

Sampai sejauh ini, semua masih terkendali, dan koordinasi dengan Disnaker Jateng dan kementerian berjalan agar setiap ada pemulangan tetap sesuai prosedur dan dikabarkan. Pihaknya tidak ingin TKI pulang malah membawa kehebohan.

Sumber:suaramerdekasolo

No comments

Powered by Blogger.