Trik Adaptasi TKI Dengan Majikan Baru


Saat pertama kali memulai kerja, Pekerja Migran (PM) dapat dipastikan tidak mengetahui bagaimana karakter majikan dan keluarganya. Begitupun dengan majikan, tidak semua majikan bisa langsung memahami kemauan dan karakter pekerjanya. Adaptasi dengan lokasi kerja, suasana, cara komunikasi dengan majikan dan anggota keluarganya sangatlah penting saat anda pertama kali menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Berada di rumah orang lain yang anda tidak mengetahui selukbeluknya pasti membuat anda kesulitan untuk menyesuaikan diri. Gejolak hati yang masih memikirkan hutang kepada agen, keluarga di rumah, dan pelbagai perasaan lainnya, seringkali menjadi tantangan bagi pekerja untuk beradaptasi dengan suasana baru.

Hal pertama yang dapat anda lakukan saat memulai kerja perdana sebagai PMI adalah mencoba senantiasa bersikap tenang. Kemudian mulai tunjukkan keterampilan dan keahlian anda pada majikan agar suasana rumah dan sikap anda tidak tampak tegang.

Bila anda mempunyai keahlian seperti, pandai memasak, pintar bermain dengan anak-anak majikan yang masih kecil, atau menjaga orangtua dengan penuh kesabaran, kemungkinan besar majikan akan suka pada anda. Cara apapun asalkan benar-benar jujur dan tidak berlebihan pasti akan membuat Anda mendapat perhatian dari majikan.

Walau ada ucapan yang mengatakan ‘’Banyak cara membuat orang susah, namun sedikit cara membuat orang senang’’, tidak perlu khawatir. Misal, apabila ada terguran dari majikan, atau bahkan ucapan sejelek apapun jangan pernah pendam dalam hati, cobalah pahami, apablila tidak membutuhkan klarifikasi, biarkan saja berlalu.


Yakini bahwa ANDA dan majikan itu setara, sama-sama sebagai MANUSIA, Anda sebagai pekerja, bertanggungjawab pada jenis pekerjaan yang telah disepakati dan majikan Anda berkewajiban memberi hak-hak sesuai kesepakatan. Jangan segan berbicara dengan majikan, mengkomunikasikan dengan baik-baik apabila ada sesuatu yang penting untuk ditanyakan.  

Intensitas komunikasi dengan majikan dan anggota keluarganya cukup penting, selain melatih penguasaan Bahasa Inggris Anda, hal itu juga membantu hubungan Anda dengan majikan menjadi harmonis. Tunjukkan senyum dan wajah yang gembira dan jangan memperlihatkan raut wajah yang musam.

Bekerja di luar negeri kadang tidak seindah mimpi kita, di negeri sendiri pun ada pahit dan getir kehidupan. Bila dalam kurun waktu tertentu masih belum mampu beradaptasi dengan majikan sebaiknya jangan gunakan perasaan negatif. Yakini bahwa dengan berjalannya waktu pasti Anda bisa lebih mengenali keluarga majikan dan mampu beradaptasi.

Tetap laksanakan tugas-tugas harian dengan rajin dan penuh tanggungjawab. Jika ingin berhasil, buang jauh-jauh sikap malas dari hidup Anda. Majikan lebih senang bila pekerjanya tidak banyak bersikap aneh atau neko-neko.

Pahami seperti apa watak majikan Anda. Hal itu penting untuk memudahkan anda dalam bekerja dan membuat anda betah tinggal di keluarga yang baru anda kenal. Jalinan awal yang baik akan membawa kebaikan pada kedua belah pihak dan bisa menghindari adanya kesalahpahaman. Biasanya memerlukan waktu hingga tiga bulan bagi PMI untuk mengenal pasti karakteristik keluarga majikan dan menyesuaikan diri dengan suasana kerja.
Semoga tips pesan di atas bermanfaat.









Sumber : buruhmigran

No comments

Powered by Blogger.