Vaksin Buatan Oxford Diklaim Mampu Lindungi Tubuh Setahun



      Pembuatan vaksin virus corona terus diupayakan oleh para ilmuwan, dikutip Sindonews. Hingga kini, belum ditemukan juga vaksin yang paten untuk menangkal virus mematikan tersebut.



Salah satu lembaga yang mengupayakan pembuatan vaksin adalah Universitas Oxford. Bahkan, sudah mencapai tahap pengujian ke manusia.


Oxford mendapat dukunhan penuh dari perusahaan obat yang juga asal Inggris, AstraZeneca. Perusahaan ini mengaku siap memproduksi 2 miliar vaksin buatan Oxford untuk didistribusikan ke seluruh dunia.

Pascal Soriot, Chief Executive AstraZeneca, mengatakan, tahap ketiga dari uji coba vaksin sudah siap dilakukan di Inggris. Ini adalah tahap pengujian terhadap ribuan relawan.

Soriot mengklaim vaksin buatan Oxford bisa memberikan perlindungan cukup lama, yakni sekitar satu tahun. “Jika semuanya lancar, mulai Oktober kami siap menyebarkannya,” ujarnya.

Vaksin yang diberi nama AZD1222 itu dirancang sedemikian rupa untuk membuat sistem imun tubuh menjadi kuat. Artinya, ketika ada virus yang mencoba masuk, imun akan langsung menyerangnya.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan sepenuhnya bahwa vaksin ini akan ampuh. Sebelumnya, AstraZeneca ada kemungkinan vaksin buatan Oxford tidak berhasil, meski sudah didukung penuh termasuk dari sisi produksi.


Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.