4 Karakter Anak dan Cara Menghadapinya

Manusia dibekali dengan karakter yang berbeda satu sama lainnya. Bahkan karakter tersebut telah terbentuk sejak lahir.

Oleh sebab itu mengenal karakter anak sejak dini sangat penting bagi orangtua demi kelancaran tumbuh kembang si kecil.

Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando menjelaskan, setidaknya ada empat karakter dasar yang dimiliki oleh seorang anak. Beberapa diantaranya adalah sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Setiap karakter tentu memiliki penanganan yang berbeda.

Ajeng pun menjelaskan cara untuk menangani setiap karakter dasar yang dimiliki oleh si kecil.

1. Tipe sanguinis

Senang berbicara, memiliki banyak ide, mampu mencairkan suasana, tanggap, dan kekinian. Orangtua yang memiliki anak jenis ini wajib berpikir dahulu sebelum berbicara dan membuat poin-poin pembicaraan agar terstruktur.

2. Tipe koleris

Berani berbicara serta mengungkapkan diri, dominan, kaku, praktis, dan efisien. Yang harus diperbaiki orangtua adalah melakukan komunikasi dengan menghargai lawan bicara, bersimpati dan lebih fleksibel.

3. Tipe melankolis

Memiliki sifat detil, berhati-hati, berpikir logis, dan objektif. Orangtua yang memiliki anak dengan karakter ini harus menjelaskan inti pembicaraan dengan sederhana, hindari pengulangan dan rinci, serta berani mengungkapkan opini.

4. Tipe plegmatis

Anak ini memiliki pembawaan yang tenang, pendengar yang baik, konsistensi, rendah hati, damai, dan suka menghindari konflik. Orangtua harus membantu anak ini agar lebih berani dalam berbicara serta mengekspresikan diri, jangan malu dan takut salah.
Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.