5 Ide Bisnis dari Rumah untuk Pensiunan



Ketika banyak orang menantikan hari-hari pensiun yang santai, sebagian pensiunan justru tidak siap untuk berhenti bekerja atau mereka memiliki masalah keuangan yang mengharuskan mereka untuk terus bekerja.

Bekerja secara teratur setelah pensiun tidak hanya dihindari oleh banyak manula, tetapi juga bisa sulit untuk mendapatkan kesempatan seperti ketika mereka masih muda.

Menurut The Balance Small Business, pilihan yang lebih baik bagi pensiunan adalah dengan mengubah semua pengetahuan dan pengalaman yang mereka peroleh selama berkarier, menjadi bisnis yang berbasis dari rumah.

Bisnis rumahan memungkinkan fleksibilitas dan kebebasan yang lebih besar yang diperoleh para pensiunan setelah berkarir untuk waktu lama.

Bisnis ini dapat dijalankan dari mana saja bahkan dijalankan paruh waktu.



Berikut adalah lima ide bisnis rumahan yang memungkinkan pensiunan memanfaatkan apa yang mereka ketahui atau disukai untuk membuat pendapatan secara paruh waktu atau bahkan penuh waktu dari rumah atau di manapun mereka berada.

1. Pelatihan/ konsultasi

Memulai bisnis pelatihan atau konsultasi dari rumah memungkinkan Anda mengambil untung dari pengetahuan dan pengalaman kerja Anda. Pelatihan dan konsultasi dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah menggunakan konferensi online dan Skype.

Pembinaan dapat dilakukan dengan individu pribadi, seperti pembinaan kehidupan, atau kebutuhan profesional, seperti mengembangkan strategi keberhasilan atau keterampilan wawancara.

Anda dapat memulainya dengan menghubungi mantan bos dan menawarkan bantuan. Anda juga dapat menggunakan jaringan Anda untuk menemukan referensi.

2. Menulis/ blogging

Orang-orang mendapatkan informasi dan hiburan secara online. Jika Anda dapat memberikan apa yang mereka cari melalui blog, Anda dapat menghasilkan uang melalui berbagai opsi monetisasi, seperti pemasaran afiliasi. Jumlah topik blog yang dapat Anda tulis tidak terbatas.

Mungkin Anda menikmati menulis, tetapi tidak ingin repot memulai dan memasarkan blog. Banyak blogger dan sumber media online membayar artikel. Anda dapat memulai bisnis penulisan lepas atau menemukan pasar dan pekerjaan menulis di berbagai tempat termasuk situs pekerjaan lepas, situs sumber daya tulisan, dan media sosial.

Ketika pilihan penerbitan tradisional tidak mudah untuk ditembus, penerbitan mandiri lebih cepat dan terjangkau, dan bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk memasarkan buku Anda ke masyarakat.

3. Bisnis berbasis layanan


Hampir semua keterampilan yang Anda miliki dapat diubah menjadi bisnis rumahan. Menjual keterampilan itu melalui bisnis rumahan berbasis layanan adalah salah satu cara tercepat dan paling murah untuk mulai menghasilkan uang di rumah.

Tugas apa pun yang akan dilakukan oleh individu atau bisnis lain dapat diubah menjadi bisnis termasuk dukungan virtual, pembukuan, penulisan, lansekap, jasa perbaikan, perawatan hewan peliharaan, dan banyak lagi.

4. Ubah hobi menjadi bisnis

Mungkin Anda bosan dengan tugas yang Anda lakukan di kantor lama Anda dan tidak ingin mengubahnya menjadi bisnis. Untungnya, bisnis rumahan dapat dikembangkan dari hobi juga.

Hobi seperti berkebun, memanggang kue, hingga fotografi semua berpotensi diubah menjadi bisnis rumahan. Anda bisa memulai dengan membuat konten podcast, blog, atau video.

Trik untuk mengubah hobi menjadi sumber penghasilan adalah dengan mengetahui aspek apa dari hobi yang akan dibayar atau diiklankan oleh orang.

5. Berbisnis dari platform e-commerce

Anda dapat mendapat untung dari barang bekas dan yang tidak diinginkan dengan menjualnya di platform e-commerce. Jika Anda menemukan barang yang laris manis, Anda dapat menemukan sumbernya di pasar loak, garage sale, dan toko barang bekas untuk memulai toko barang bekas Anda sendiri.

Jika Anda menikmati membuat barang-barang kerajinan rumah, Anda dapat menjualnya melalui e-commerce atau di pameran dagang dan bazaar. Anda juga dapat menjual barang-barang antik yang berusia lebih dari dua puluh tahun di internet.

Sumber :Bisnis

No comments

Powered by Blogger.