5 Momen Paling Menarik dalam Karier Valentino Rossi di MotoGP

https: img.okeinfo.net content 2020 07 07 38 2242400 5-momen-paling-menarik-dalam-karier-valentino-rossi-di-motogp-VtxDaUqTAY.jpg

NAMA Valentino Rossi tentu saja sudah begitu tersohor di MotoGP. Rossi bak sudah menjadi ikon penting dalam ajang bakal motor grand prix paling bergengsi itu. Bagaimana tidak, ia diketahui telah menjalani karier panjang di MotoGP.

Rossi tercatat telah menjalani karier di ajang balap motor grand prix selama 25 tahun. Kini, di usianya yang sudah menginjak 41 tahun, The Doctor –julukan Rossi– masih memiliki hasrat besar untuk terus melakoni balapan di MotoGP.



Tanda-tanda pensiun belum terlihat pada diri Rossi. Ia justru kini tengah berjuang untuk mencari tim baru yang bisa diperkuatnya untuk MotoGP 2021. Selama menjalani karier panjang tersebut, tentu saja ada banyak momen menarik yang diukir Rossi. Kali ini, Okezone pun akan membahasnya. Berikut lima momen paling menarik dalam karier Valentino Rossi di MotoGP.

5. Juara Dunia di Kelas 125 Cc

Rossi telah berhasil meraih banyak gelar juara dalam 25 tahun kariernya di ajang balap motor grand prix. Sejauh ini, ada sembilan gelar juara dari berbagai kelas telah diraih oleh pembalap asal Italia tersebut. Semua momen juara Rossi tentu saja menjadi hal yang istimewa, tetapi ada satu yang tak terlupakan, yakni kala menjadi kampiun di kelas 125 cc.

Valentino Rossi saat tampil di 125 cc

Itu menjadi gelar juara yang pertama kali diraih Rossi dalam kariernya sebagai pembalap motor grand prix. Tepatnya pada 1997, pemilik Academy VR46 itu berhasil menyegel gelar juara pada tahun keduanya mentas di kelas 125 cc. Gelar juara diraih setelah Rossi mencatatkan 11 kemenangan dari 15 balapan.

4. Mengalahkan Sete Gibernau di Jerez

Selanjutnya, momen paling menarik dalam karier Rossi tersaji di MotoGP Spanyol 2005. Dalam balapan tersebut, Rossi diketahui bersaing begitu sengit dengan pembalap Honda, yakni Sete Gibernau.

Sete Gibernau dan Valentino Rossi

Persaingan Rossi dengan Gibernau sendiri sejatinya telah tersaji dalam beberapa musim terakhir. Tetapi, salah satu yang paling menarik terjadi kala mentas di seri perdana MotoGP 2005 di Sirkuit Jerez. Ia berhasil menghentikan laju Gibernau untuk mempertahankan kemenangan di Jerez dengan keluar sebagai tercepat. Sementara Gibernau, ia akhirnya harus puas menempati podium kedua.


3. Kalahkan Casey Stoner di MotoGP Amerika Serikat 2008

Di urutan ketiga, ada momen kala Rossi mengalahkan Casey Stoner di MotoGP Amerika Serikat 2008. Momen itu menjadi menarik karena Rossi menyadari tak mudah untuk mengalahkan Stoner yang telah menjadi salah satu rival terberatnya.

Valentino Rossi dan Casey Stoner

Untuk bisa menyegel kemenangan, persaingan yang sengit pun harus dihadapi Rossi saat mentas di Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat. Tetapi, ia berhasil menunjukkan ketangguhannya hingga menyegel kemenangan. Berkat hasil manis ini, Rossi pun dapat menyegel gelar juara MotoGP 2008.

2. Beralih ke Yamaha

Momen terbaik lainnya dalam karier Rossi adalah pindah ke Yamaha pada 2004. Keputusan besar diambil The Doctor yang memilih meninggalkan Honda, tim yang sudah membawanya meraih tiga gelar juara di MotoGP, demi bergabung ke Yamaha.

Valentino Rossi

Tetapi, langkah yang diambil Rossi tampak begitu tepat. Sebab, ia bisa tampil jauh lebih gemilang lagi bersama Yamaha. Pada musim debutnya membela tim tersebut, Rossi bisa langsung menyegel gelar juara. Hasil manis ini membuat Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan balapan berturut-turut dengan pabrikan yang berbeda.

1. Persaingan dengan Max Biaggi di Phillip Island pada 2001

Terakhir, adalah momen persaingan Valentino Rossi dengan rival terberat lainnya, yakni Max Biaggi. Hal itu salah satunya terjadi kala mentas di seri Australia pada 2011. Tampil di Sirkuit Phillip Island, persaingan yang sengit tersaji antara Rossi dengan Biaggi.

Max Biaggi dan Valentino Rossi

Hasil pada perlombaan ini sendiri diketahui sangat penting untuk Rossi karena bisa membantunya menyegel gelar juara di kelas utama untuk pertama kalinya. Tak heran, keduanya tampil habis-habisan. Rossi mempertaruhkan segalanya demi memimpin perlombaan. Ia pun bisa finis pertama dengan catatan waktu yang hanya terpaut 0,013 detik dari Biaggi.






Sumber : okzone

No comments

Powered by Blogger.