6 Mitos Mengenai Pantangan Tentang Makan di Jawa, Apa Saja Ya?


ilustrasi makan sambil tiduran

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi. Tradisi ini bahkan akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Namun di Jawa tradisi ini mash sangat dihormati hingga kini. Tak cuma tradisi bahkan banyak pula mitos yang juga masih dipercaya di era modern ini. Mitos di Jawa ini bahkan mengatur hal-hal sepele yang mengatur keseharian kita. Salah satunya mitos yang mengatur masalah makan. Hingga kini mitos makan ini masih banyak dipercaya oleh orang-orang di Jawa. Lalu apa saja mitos yang mengatur masalah makan ini?
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa mitos mengenai makan yang ada di Jawa.



1. Makan sayap ayam bikin sulit jodoh bagi perempuan yang belum nikah

Orang Jawa percaya jika anak perempuan yang belum nikah makan sayap ayam akan bikin sulit jodoh.

Namun jika di nalar mitos ini cukup masuk akal. Karena sayap ayam ini identik dengan bagian ayam yang mengandung paling banyak dan juga paling sering disuntik hormon. Sehingga ketika memakan dalam jumlah besar maka akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

2. Jangan mengambil makanan sebelum orang yang lebih tua mengambil

Bagi orang Jawa, mengambil makanan sebelum orang yang lebih tua itu adalah sesuatu yang dianggap pamali. Jika nekat melakukan hal ini, dipercaya akan membuat rejeki Anda menjadi terhambat. Tak cuma itu, Anda juga dipercaya akan mendapatkan karma buruk karena tidak menghormati orang lain. Mitos ini jika dipikirkan masuk akal juga. Mitos ini mengajarkan kita untuk sopan santun dan menghormati orang yang lebih tua.

3. Jangan makan menggunakan penutup makanan sebagai wadah

Bagi orang yang nekat melakukan hal ini maka bersiaplah menerima hal buruk. Karena hal ini dianggap tidak baik bagi orang Jawa. Mitos ini jika di nalar ada benarnya juga. Jika menggunakan penutup sebagai wadah makanan, maka akan dianggap sebagai orang yang tak tahu etika.

4. Makan sambil tidur nanti akan berubah jadi ular

Mitos ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang paling tidak masuk akal. Meski begitu, makan sambil tidur ini sangat tidak dianjurkan loh. Menurut sains, makan dalam posisi tidur ini membuat asam lambung mudah naik dan juga beresiko tersedak.

5. Jangan makan buah sama bijinya

Orang Jawa sering kali mengatakan kalau makan buah bersama bijinya nanti tumbuh di kepala. Meski hal ini tidak mungkin terjadi, namun mitos ini sering kali digunakan emak-emak agar anaknya tak memakan biji buah. Memakan biji ini sebenarnya bisa berbahaya, karena bisa mengganggu pencernaan anak.

6. Jangan makan di depan rumah

Banyak orang Jawa yang masih mempercayai mitos ini. Jika nekat melakukan maka dipercaya akan membuat jauh rejeki dan jodoh Anda. Namun secara logika larangan ini sebenarnya untuk menjaga kesopanan dari orang-orang yang melihat.







Sumber : suar

No comments

Powered by Blogger.