8 Festival Seru di Asia Tengah yang Tidak Boleh Dilewatkan



Traveling ke Asia Tengah tak lengkap rasanya jika tidak mengikuti festival tahunan yang diselengggarakan di tiap kota. Ini beberapa event meriahnya.

Menikmati festival merupakan salah satu tujuan dari liburan. Traveler yang liburan ke Asia Tengah tak boleh melewati kesempatan untuk menikmati event tahunan ini.

Dihimpun detikTravel,  inilah kegiatan festival dan event yang akan memeriahkan liburan traveler di Asia Tengah:



1. Dushanbe Ethno-Jazz Festival, Tajikistan

Bagi traveler penikmat musik Jazz, Dushanbe Ethno-Jazz Festival adalah acara yang wajib diikuti di di Kota Dushanbe, Tajikistan.

Acara musik ini biasanya diadakan di pertengahan bulan Mei. Tak perlu diragukan lagi soal kualitas bintang tamu. Biasanya pengisi acara yang diundang adalah pemusik profesional asal Asia Tengah.

Walaupun musik Jazz namun aliran musik ini akan dibawakan sedikit berbeda. Tambahan seni tradisional Asia Tengah pun akan terasa di telinga pendengar.

2. Festival of Khan-Atlas, Uzbekistan

Traveler yang gila fashion akan dimanjakan dengan festival ini. Festival of Khan-Atlas adalah pameran tekstil tradisional unggulan di Tashkent, Uzbekistan.

Tekstil yang dipamerkan pun adalah kain ikat tradisional Uzbekistan. Kain ini terbuat dari sutra yang dihasilkan dari Timur Uzbekistan.

Festival ini sudah sangat terkenal di mancanegara. Tak salah jika para perancang busana dunia akan ikut menghadiri festival ini. Ssst.. Designer terkenal Paris biasanya juga diundang lho!

3. Festival of Nomadic Civilization, Kazakhstan

Festival ini akan memberikan pengalaman baru buat traveler soal budaya. Acaranya mulai dari theatrikal drama, tari musik sampai kerajinan tangan khas Asia Tengah berupa karpet, tenun sampai berlian. Lengkap banget deh!

Traveler yang ingin merasakan langsung euforia budaya Asia Tengah bisa menikmati festival ini pada bulan Juni. Festival ini biasanya diadakan di Khan Shatyr Entertainment Center, Astana, Kazakhstan.

4. Silk And Spices Festival, Uzbekistan

Tak jauh beda dengan festival Kahn-Atlas, Silk And Spices Festival juga merupakan pameran kain di Asia Tengah. Hanya saja di acara ini kain yang di pamerkan terfokus pada sutra.

Tidak hanya kain sutra, variasi kerajinan tangan dari masa lampau juga akan dipraktekkan di sini. Tak lengkap rasanya kalau tidak ada pameran dari kain ikat, karpet tenun dan perhiasan. Jangan khawatir, semua kerajinan tangan akan dipamerkan di sini.

Festiva ini biasanya diadakan pada bulan Juni. Bertempat di Kota Bukhara, Uzbekistan, acara ini bisa diakses dengan mudah.

5. Horse Games Festival

Buat para pecinta wisata olahraga bisa menikmati festival pacuan kuda Asia Tengah pada bulan Juli sampai Agustus. Festival ini bukan pacuan kuda biasa. Akan beberapa permainan salah satunya Kyz Kuumai. Arti Kyz Kuumai adalah 'chasing the girl'.

Seperti namanya, akan ada seorang wanita dan seorang pria yang menunggang kuda. Lalu para peserta lain akan mencuri si penunggang wanita yang disebut pengantin dari penunggang pria pertama.

Menarik ya? Bukan hanya itu, ada satu permainan yang mirip dengan Quidditch dalam film Harry Potter. Permainan ini bernama Tyiyn Engmei. Bedanya permainan ini tidak menggunakan bola emas terbang tapi koin emas yang harus di lempar menggunakan tongkat sampai gawang. Permainan ini diadakan di Kyzyl Oi, Kyrgyzstan.

6. Roof Of The World Festival, Tajikistan

Festival ini merupakan acara musik tradisional. Traveler bisa menghadiri acara kebudayaan ini di awal bulan Agustus.

Banyak artis Asia Tengah yang akan mengisi acaranya. Biasanya festival ini akan dihadiri oleh 12.000 sampai 15.000 penonton. Meriah banget pasti ya!

Dari tiap daerah akan memamerkan keunikan musik dan atraksinya. Musik daerah yang dipamerkan akan dimainkan secara akustik. Festival budaya ini akan diadakan di Kota Khorog, Tajikistan.

7. Birds Of Prey Festival

Ini dia festival kuliner yang ditunggu-tunggu, Birds Of Prey Festival. Festival ini akan diadakan di tepi Danau Issyk Kul. Sembari mencicipi makanan khas Asia Tengah, traveler juga akan dijamu dengan pemandangan eksotis danau ini.

Bukan hanya kuliner, kerajinan tangan tradisional juga masuk ke dalam daftar acara. Sambil makan traveler juga bisa sekalian belanja suvenir. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Agustus.

8. World Games Of Nomads

Traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan Olimpiade. Nah, World Games Of Nomads juga sama seperti olimpiade. Hanya saja ada tambahan yaitu olahraga tradisional suku nomaden.

Seluruh negara di Asia Tengah pasti akan ikut berpatisipasi dalam acara ini. Bahkan negara sekitar Asia Tengah seperti Turki, Azerbaijan, China, Mongolia, dan Russia juga ikut bergabung dalam acara ini. Olimpiade ini biasa dilakukan di Cholpon-Ata, Issyk-Kul, Kyrgyzstan.








Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.