Agus: Tahun 2020 Ada 200 TKI Ilegal Sampang Dipulangkan



Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyampaikan lebih dari 200 tenaga kerja Indonesia asal Sampang tidak berdokumen alias TKI Ilegal dipulangkan dari negara perantauan.

“Ditahun 2020 ini 200 lebih TKI Ilegal Sampang dipulangkan dari Malaysia karena paspornya sudah berakhir,” ucap Kasi Penempatan Tenaga Kerja Diskumnaker Sampang Agus Sumarso, Rabu (29/7/2020) siang.

Agus menuturkan, untuk 57 TKI lainnya dideportasi dikarenakan tidak membawa dokumen lengkap saat diperantauan. Mereka yang dideportasi rata-rata sudah menjalani masa penahanan 2 hingga 3 bulan di Malaysia.
 
Menurutnya, banyak warga Sampang yang menjadi pekerja migran secara tidak resmi karena mengikuti kerabat, family, maupun tetangga yang sebelumnya berada di luar negeri.

“Memang sulit mendeteksi masyarakat yang menjadi TKI Ilegal, karena rata-rata mereka berangkat dengan alasan melancong atau ikut kerabat ke luar negeri,” jelas Agus.

Dirinya menambahkan, upaya untuk mencegah masyarakat menjadi tenaga kerja ilegal sudah dilakukan. Selain bersosialisasi, pemerintah juga melakukan pendekatan secara persuasif kepada para tekong TKI ilegal.

Sumber :Mediamadura

No comments

Powered by Blogger.