Beragam Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Mencegah Covid-19



Air kelapa memiliki beragam nilai manfaat. Kegunaan luar biasa ini bisa dirasakan apabila dikonsumsi rutin dalam takaran yang tepat. Meningkatkan kebugaran tubuh, air kelapa juga dipandang sebagai benteng ideal terhadap infeksi Covid-19. Beragam keunggulannya pun dikupas melalui webinar "Bahaya Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19", akhir pekan lalu (11/7).

"Air kelapa punya banyak manfaat, khususnya untuk mencegah munculnya penyakit penyerta Covid-19. Jangan sampai daya tahan tubuh turun karena akan rentan terhadap infeksi Covid-19. Jangankan Covid-19, penyakit lain juga muncul mulai dari influenza biasa hingga lainnya," ungkap keynote speaker DR Med, Dr. Maya Surjadjaja, M. Gizi, Sp. GK, FAAMFM.


Mengacu penelitian, potensi besar dimiliki air kelapa. Manfaat tersebut muncul dari uji coba terhadap manusia hingga hewan. Melalui uji coba pada manusia, air kelapa menjadi katalis bagi hipertensi dan diare. Manfaatnya semakin luas sebagai anti oksidan hingga rehidrasi. Saat diujicobakan kepada tikus dan kelinci didapatkan sedikitnya tujuh fakta manfaat. Berada dalam tubuh hewan, air kelapa mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Bisa menurunkan kolesterol, trigliserida, hingga mengurangi perlemakan hati.

Lalu, bagaimana dengan pasien hipertensi? air kelapa muda segar mampu menurunkan tekanan darah sostolik. Caranya, air kelapa muda dikonsumsi 300 ml dalam 2 kali sehari selama 14 hari beruntun.

Air kelapa muda ini memiliki kandungan kalium hingga 600 mg/240 ml. Pada masa itu, terjadi pelebaran pembuluh darah dan memperbaiki fungsi endotel. Air kelapa juga menjadi anti thrombosis atau penggumpalan darah. Mampu mencegah batu ginjal hingga signifikan mengurangi massa lemak. Dr. Maya menambahkan, fungsi air kelapa optimal bila dikonsumsi sesuai takarannya.

"Untuk mengonsumsi air kelapa tidak bisa dilakukan sembarangan. Semua ada aturan juga takaran yang harus dipenuhi. Apalagi, kalau sudah spesifik untuk treatment penyakit tertentu," ungkapnya.

Ideal sebagai media penurun berat badan, air kelapa mampu mengikis massa jaringan lemak lebih khusus pada leptin. Lebih lanjut, mengaktivasi metabolisme lipid. Sebagai menu diet bagi manusia, air kelapa rendah karbohidrat dan memiliki serat sekitar 3 gram hingga digestible carb 6 gram. Bagi kesehatan jantung, setelah 45 hari terjadi penurunan nilai kolesterol dan trigliserida.

"Kalau yang ingin diet, maka air kelapa sangat cocok. Komposisi kandungannya ini akan mendukung porsi berat tubuh yang diinginkan. Yang jelas, secara umum, ada banyak manfaat dari Air kelapa ini," katanya.

Sebagai anti exercise-induced dehydration, maka digunakan media air kelapa muda. Treatment-nya, air kelapa muda dikonsumsi dengan volume 120% dari jumlah cairan tubuh yang hilang. Tata waktu yang ideal adalah 1 jam setelah olahraga. Secara khusus, air kelapa juga tidak memberi efek samping, justru bila dimunim (oral) memberikan toleransi sangat bagus. Bila dikomparasi dengan minuman khusus olahraga, kandungan air kelapa pun tidak kalah.

Beberapa kandungan air kelapa di antaranya 5,45 kalori. Ada juga gula dengan kandungan 1,3 gr, lalu 5,45 mg garam. Air kelapa memiliki kandungan optimal kalium hingga 61 mg. Adapun, minuman khusus olahraga memiliki kandungan 6,25 kalori, 1,75 gr gula, 3,75 mg kalium, dan 13,75 mg natrium. "Air kelapa muda efektif sebagai pengganti elektrolit dan cairan tubuh yang hilang. Sebab, kandungan dari kaliumnya sangat tinggi. Tapi, yang jelas, segala sesuatunya harus dikonsumsi menurut takaran yang tepat dan tidak berlebihan," terang Dr. Maya.

Air kelapa juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi bila diminum oleh orang dewasa. Bagi anak-anak, air kelapa juga aman asalkan diminum dengan takaran yang wajar. Namun, bagi ibu hamil dan menyusui belum diketahui sebeapa besar manfaatnya. Sebab, saat ini belum ada penelitian khusus yang mendukungnya.

"Air kelapa sangat bagus bagi segala lintas usia. Hal itu bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Sejauh ini memang ada banyak penelitian yang digunakan untuk mengungkap manfaat air kelapa ini. Hasilnya pun mengejutkan, meski beberapa masih diujicobakan kepada hewan," papar Dr. Maya.

Memakai tikus sebagai media, air kelapa bagus sebagai pre & diabetes. Sebab, mampu menurunkan HbA1c, memperbaiki gula darah sewaktu, hingga menekan stress oksidatif. Potensi lain manfaat air kelapa adalah antitrombosis. Air kelapa mampu mencegah penggumpalan darah hingga mengurangi stress oksidatif secara signifikan.

"Air kelapa mampu mengontrol lemak dalam darah. Pada beberapa kasus menjaga dislipidemia, yaitu kandungan kadar lemak dalam darah yang terlalu tinggi atau rendah. Kandungan lemak dalam darah itu terdiri dari trigliserida, kolesterol, LDL, dan HDL. Untuk itu, silakan konsumsi air kelapa secara rutin sesuai ketentuan. Apalagi, sekarang air kelapa ini bisa dijumpai dalam kemasan," pungkas Dr. Maya.

Sumber :Sindonews

No comments

Powered by Blogger.