Kisah Unta Setia Tempuh 100 Kilometer Lintasi Gurun untuk Pulang ke Pemiliknya



        Seekor unta yang merindukan rumahnya telah meluluhkan hati jutaan warganet di Tiongkok setelah dia dilaporkan menempuh perjalanan sejauh 100 kilometer melalui gurun pasir untuk kembali ke pemilik lamanya, delapan bulan setelah dijual.



Menurut kisah yang ditampilkan media China, unta setia itu menghabiskan berhari-hari melintasi gurun pasir tandus di Daerah Otonomi Mongolia Dalam, utara China untuk sampai ke rumah asalnya setelah dijual delapan bulan sebelumnya.

Unta itu ditemukan terluka setelah melintasi gurun pasir oleh seorang gembala yang kemudian membawa dan merawatnya sambil mencoba mencari pemiliknya.

Berita tentang penemuan unta itu akhirnya terdengar oleh pemiliknya yang segera datang mengambil. Namun, setelah mendengar tentang perjalanan panjang dan sulit yang ditempuh hewan itu, pemilik lamanya ternyata juga menginginkannya kembali.

Temur, mantan pemilik unta itu, dan istrinya telah menjualnya kepada petani lain pada Oktober 2019. Pria itu membawanya ke rumahnya 100 kilometer jauhnya dan membesarkannya di kota asal mereka di musim dingin dan menggembalakannya di pegunungan pada musim semi. Hewan itu tampaknya telah menyesuaikan diri dengan rumah barunya, tetapi pada 27 Juni, hanya sehari setelah cukur musim panas, unta tersebut melarikan diri.

Menurut video viral, unta yang rindu kampung halaman berjalan lebih dari 100 kilometer melintasi gurun pasir, melintasi pegunungan, melintasi jalan raya dan pagar sebelum akhirnya mendekati rumah lamanya, saat itulah dia ditemukan oleh sang gembala.

Unta itu memiliki bekas luka yang didapatkan dari petualangannya, dan ketika mantan majikannya mendengar tentang perjalanan berbahaya yang ditempuh hewan itu, mereka memutuskan untuk mengambilnya kembali.

"Ketika kami mendengar berita itu, kami ingin membawa kembali unta tersebut, tetapi pemiliknya saat ini telah membawanya kembali ke tempatnya," kata istri Temur sebagaimana dilansir Oddity Central. “Jadi kami menghubungi pembelinya dan memutuskan untuk mengganti unta tua dengan betina berusia 3 tahun. Setelah kami mendapatkannya kembali, saya sangat sedih ketika saya menemukan bahwa ada banyak luka di tubuhnya, pasti didapat karena melewati pagar. ”

"Kami tidak akan menjualnya kepada orang lain lagi, karena unta adalah binatang yang cerdas," tambah wanita itu. "Dia akan bebas selama sisa hidupnya".

Temur dan pemilik unta tua itu sekarang telah mencapai kesepakatan di mana Temur dan istrinya akan mendapatkan kembali unta mereka sebagai ganti unta yang lebih muda, berusia 3 tahun.

Video Pear mendokumentasikan perjalanan unta setia tersebut dan hingga saat ini telah ditonton hingga jutaan kali. Banyak warganet yang menyaksikannya mengatakan mereka terkesan dengan daya tahan hewan itu dan kemampuannya untuk menemukan jalan pulang.

“Ini membuat saya menangis. Hewan sangat murni. Tolong jaga baik-baik mulai sekarang, ”komentar salah seorang pengguna.

"Saya tidak bisa membayangkan kesulitan yang ditemui. Pasti sangat merindukan rumahnya, ”tulis yang lain.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.