Kuncinya Saling Menghormati, Ini 5 Tanda Kamu dan Dia Punya Hubungan Sehat


Ada banyak kerugian yang bakal kamu dapatkan saat terjebak dalam hubungan tidak sehat. Selain melelahkan, kamu juga akan kesulitan untuk melepaskan diri dari hubungan tidak sehat.

Meski begitu, di saat kamu tengah menjalin hubungan, susah untuk mengetahui apakah hubungan romantismu saat ini sudah tergolong sehat.


Padahal, ada 5 perbedaan mendasar yang dapat digunakan untuk membedakan hubungan yang sehat dengan hubungan tidak sehat.

Melansir laman Your Tango, inilah 5 tanda kamu dan si dia sudah menjalani hubungan yang sehat. Apa saja?

1. Kamu tidak merasa takut dengan pasanganmu

Dalam sebuah hubungan yang sehat, kamu tidak akan merasa takut dengan pasanganmu dan begitu pula sebaliknya. Meski ada pertengkaran, kamu tidak akan merasa terancam.

Selain itu, dia juga tidak akan bersikap kasar saat kamu melakukan kesalahan. Alih-alih, kalian akan membicarakannya secara dewasa.

Sebaliknya, pasangan yang mengatur dan membuatmu takut saat berbicara dengannya adalah tanda hubungan yang tidak sehat.

2. Kalian bisa saling memberi dan menerima

Hubungan yang sehat berarti kalian saling memperhatikan kepentingan satu sama lain. Hal ini ditunjukkan dengan aksi memberi dan menerima yang sepadan.

Kamu bisa memahami apa yang dia butuhkan, begitu pula sebaliknya. Kemudian, kalian akan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Ada kesetaraan

Salah satu faktor penting dalam hubungan adalah kesetaraan. Ini artinya, kamu dan pasangan sama-sama punya hak untuk berbicara dan membuat keputusan.

Tak cuma saat pacaran, hal ini penting saat kalian berumah tangga nanti. Jangan sampai kamu terjebak bersama pasangan yang tidak mau mendengarkanmu.

4. Ada perasaan saling menghormati

Hubungan sehat dilandasi oleh rasa hormat terhadap satu sama lain. Bukan cuma sebagai pasangan, kamu harus menghargainya sebagai manusia.


Jika kamu merasa dia tidak menghormatimu, atau kamu tidak lagi bisa menghormatinya, segera bicarakan! Carilah solusi sebelum hubunganmu berubah tidak sehat.

5. Kamu merasa nyaman dalam hubungan ini

Terakhir, hubungan yang sehat akan membuatmu merasa nyaman. Kamu juga punya rasa percaya diri.

Dalam hubungan tidak sehat, salah satu pihak biasanya akan merasa dirugikan dan tidak percaya diri. Mereka juga takut merasa sukses.

Ingat, hubungan yang sehat terbentuk dari kebaikan hati, kepedulian, dan rasa hormat kepada satu sama lain.


Sumber : suara.com

No comments

Powered by Blogger.