MotoGP Andalusia, Jorge Lorenzo-Valentino Rossi Catat Pole Position Terbanyak!


Pebalap Spanyol Jorge Lorenzo (Depan) mengendarai Honda-nya diikuti oleh pebalap Italia Valentino Rossi yang mengendarai Yamaha-nya selama latihan bebas 4 di depan Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello pada 1 Juni 2019 di Scarperia e San Piero.

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi menjadi pebalap dengan pole position terbanyak di Sirkuit Jerez, lintasan balap yang akan digunakan pada rangkaian MotoGP Andalusia akhir pekan ini. Rangkaian GP Andalusia ini merupakan seri kedua MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez pada 24-26 Juli mendatang. 

Linasan balap ini juga digunakan di GP Spanyol pada akhir pekan lalu. Meski sama-sama digelar di Sikuit Jerez, GP Andalusia tidak bisa disebut sebagai GP Spanyol meskipun dilangsungkan di tempat yang sama. 



Hal itu disebabkan karena regulasi yang mengharuskan setiap balapan memiliki nama berbeda apabila dilangsungkan di tempat yang sama dalam waktu dekat pada musim yang sama. Berbicara soal Sirkuit Jerez, arena balapan satu ini dibangun pada 1986 dan memulai debut MotoGP-nya berselang setahun kemudian. Sejak saat itu, 

Sirkuit Jerez hanya sekali absen menyelenggarakan Kejuaraan Dunia MotoGP yakni pada musim 1988. Sirkuit Jerez ini menjadi saksi dua pebalap berprestasi yang pernah mencatatkan namanya meraih posisi terdepan atau pole position terbanyak di kelas MotoGP. 

Melansir dari laman resmi MotoGP, kedua pebalap itu adalah Jorge Lorenzo (sudah pensiun) dan pebalap gaek Valentino Rossi, dengan sama-sama memperoleh lima kali pole position. Pole position Jorge Lorenzo diraih pada 2008, 2009, 2012, 2013, dan 2015. Waktu tercepat Jorge Lorenzo meraih pole position terjadi pada MotoGP 2015, dengan menorehkan waktu lap 1 menit 37,910 detik. Sementara itu, pole position Valentino Rossi diraih pada 2001, 2002, 2004, 2005, dan 2016. Baca juga: MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Valentino Rossi Rajanya! Waktu lap tercepat pebalap berjuluk The Doctor itu diraih pada MotoGP 2016 dengan catatan waktu lap 1 menit 38,736 detik. Valentino Rossi berpeluang menambah pole position terbanyak sepanjang sejarah. Syaratnya, ia harus meraih catatan waktu tercepat di kualifikasi GP Andalusia akhir pekan nanti. MotoGP Andalusia akan dimulai dengan sesi latihan bebas atau free pratice (FP) pada Jumat (24/7/2020).




Sumber : kompas

No comments

Powered by Blogger.