Orangtua Gampang Bosan saat Main Bareng Anak, Coba Deh 3 Triknya



JANGAN anggap remeh aktivitas bermain. Dalam proses tumbuh kembang anak, bermain bisa membuatnya lebih kreatif. Makanya orangtua juga bisa meluangkan waktu main bareng anak di sela-sela bekerja di rumah.

Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si mengatakan, dalam usia berapapun manusia perlu aktivitas bermain. Karenanya, banyak hal baik yang ditemukan dari kegiatan main bareng anak

“Jadi perlu dibekali dan menyiapkan anak-anak, sehingga tak hanya pintarnya saja dari akademis, tapi karakter dari yang positif dan memiliki kemamampuan bersosialisasi," tutur Anna dalam acara ‘#mainyuk dari rumah bareng Paddle Pop’ Rabu (22/7/2020).

Aasal tahu Moms, main bareng anak membuatnya mudah mengembangkan karakter. Maka itu, jangan pernah malas kalai si kecil mengajak Anda bermain, ya.

Lebih lanjut Anna pun menjelaskan, ada tiga trik penting seputar bermain yang masih jarang diketahui orangtua. Dengan mengetahui ketiga trik ini, maka orangtua bisa lebih memahami apa model bermain seperti apa yang dibutuhkan oleh seorang anak. Tiga trik bermain itu meliputi:

1. Mainan atau toying yang sebenarnya adalah alatnya. Tidak harus membeli mainan, orangtua maupun anak juga bisa membuat mainan yang menarik untuk dimainkan.


2. Permainan atau games adalah berbagai macam aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa memilih permainan menyenangkan yang diinginkan contohnya seperti ular tangga, congklak, monopoli dan masih banyak lainnya.

3. Bermain adalah kegiatan yang memang dilakukan oleh anak. Jadi mereka bisa bermain dengan mainan atau tidak ada mainan. Mereka bisa terlibat dalam permainan atau bisa bermain sendiri.

“Yang terpenting itu bukan mainan dan permainan, tapi proses bermain bagi anak. Jadi proses permainan ini akan lebih efektif jika ada orang lain yang terlibat salah satunya orangtua atau teman-teman,” tutupnya.


Sumber : okezone 

No comments

Powered by Blogger.