Perubahan Gaya Hidup Pria untuk Turunkan Tekanan Darah


Hipertensi kita kenal sebagai faktor risiko utama untuk stroke dan penyakit kardiovaskular. Pria biasanya memiliki tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih tinggi dibandingkan wanita.



Menurut penelitian, pada saat usia lanjut, hipertensi lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Pria juga kurang sadar akan kesehatan dibandingkan wanita.

Data menunjukkan bahwa angka kematian pada pria lebih tinggi akibat hipertensi. Mereka juga berisiko lebih besar untuk mengalami stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Berikut adalah gaya hidup untuk mengelola tekanan darah tinggi pada pria, seperti dikutip dari laman Times Now News.

1. Menurunkan Lemak
Menurunkan kadar lemak dalam tubuh adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah pada pria.

2. Berolahraga secara Teratur
Aktivitas fisik rutin selama 30 menit 3-4 kali dalam seminggu, dapat menurunkan tekanan darah. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah seperti berjalan, jogging, bersepeda, atau berenang.

3. Makan Diet Sehat
Anda bisa konsumsi menu diet yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta jangan lupa tingkatkan kadar kalium Anda.

4. Batasi Alkohol
Dengan meminum alkohol hanya dalam jumlah sedang, yaitu dua gelas sehari untuk pria, berpotensi menurunkan tekanan darah sekitar 4 mm Hg.

5. Berhenti Merokok
Setiap kali Anda merokok, itu akan meningkatkan tekanan darah. Cobalah untuk mencari cara dan bantuan untuk berhenti merokok seperti selalu terhubung dengan pikiran positif serta makan makanan sehat.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.