Ratusan TKI Asal Asahan Dipulangkan dari Malaysia



Sedikitnya 210 orang TKI warga Asahan siap dipulangkan ke tanah air, hari ini, Kamis (2/7/2020). Diperkirakan para TKI warga Asahan yang terperangkap lock down tersebut akan tiba melalui pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai, pukul 17.00 Wib.




“Saat ini kita telah mempersiapkan pemberangkatan warga Asahan dari Malaysia. Mereka masih melalui proses pemeriksaan suhu badan sesuai SOP Covid-19,”ungkap juru bicara Gustu Percepatan Penanganan Covid -19 Asahan, Rahmat Hidayat Siregar S.Sos ketika dikonfirmasi mengenai pemulangan TKI warga Asahan dari Malaysia.

Menurutnya, para TKI warga Asahan tersebut saat ini sedang dalam persiapan diberangkatkan. Mereka tengah menjalani proses pemeriksaan suhu badan di pelabuhan Port Klang Malaysia.

Setelah tiba di Indonesia nantinya kata Dayat warga Asahan itu masih akan menjalani pemeriksaan kesehatan.  Rencananya pemeriksaan kesehatan para TKI tesebut akan dilakukan di areal kolam renang Pemkab Asahan.

Dan, jika ada diantara para TKI tersebut sakit akan menjalani perawatan di ruang isolasi yang telah persiapkan. Sebastian yang sehat langsung dipulangkan kerumah masing-masing menjalani isolasi mandiri.

“Alhamdulillah kami hari ini diberangkatkan ke Indonesia Bang. Ini sedang melakukan persiapan menuju kapal di pelabuhan”,ujar Bil Regar warga Jalan SM Raja Kisaran.

Mereka, katanya, harus menjalani pemeriksaan suhu badan terlebih dahulu sebelum naik kapal. Selain itu jaga mengikuti protokol kesehatan covid -19 yang dilakukan petugas imigrasi.

Satu persatu secara bergantian para TKI itu diperiksa suhu badan. Selain itu  barang bawaan mereka juga disemprot desinfektan guna antisipasi penyebaran virus.

“Pokoknya kami semua sangat senang bisa pulang kampung halaman bang. Kami sangat berterimakasih kepada bapak Bupati Asahan kita bang “,ujar Rashid warga Asahan lainnya.

Penjemputan TKI di Malaysia warga Asahan yang akan dilakukan Pemkab Asahan nyata dan kelasnya.  Saat ini sebanyak 210 orang TKI warga Asahan akan dipulangkan menggunakan kapal speed boad.

Mereka akan tiba di pelabuhan teluk nibung Tanjung Balai sekira pukul 17.00 Wib. Pemkab Asahan telah mempersiapkan tim penjemputan dari beberapa instansi gabungan yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid -19 Asahan.

Sumber:asahansatu

No comments

Powered by Blogger.