Robot Lumba-Lumba Mirip Hewan Asli, Dikembangkan Selama 20 Tahun


      Eksploitasi lumba-lumba dan hewan lainnya dalam sebuah pertunjukkan hiburan menjadi topik yang sudah lama muncul ke permukaan. Hal ini terus mengusik ketenangan aktivis hewan terkait kelangsungan hidup mamalia yang satu ini.



Atraksi hiburan yang menampilkan lumba-lumba memiliki daya tarik tersendiri dan cukup diminati masyarakat di seluruh penjuru dunia.


“Penangkapan, pengangkutan, dan pengembangbiakan hewan laut menjadi lebih terbatas. Industri taman laut sebagai bisnis yang layak juga menjadi lebih meragukan. Namun, minat penonton untuk jenis hiburan dan pendidikan ini tetap konstan,” ucap Edge Innovation, perusahaan pengembang yang berbasis di San Francisco dalam sebuah pernyataan dikutip Yahoo.

Lebih lanjut mengenai pernyataannya itu, dilansir Gizmodo, Edge innovations telah merancang dan menciptakan robot lumba-lumba yang dapat bergerak dan berenang serupa dengan aslinya.

Ciptaan ini merupakan hasil inovasi selama dua puluh tahun yang dilakukan bersama Walt Conti dan Roger Holzberg, mantan Direktur Kreatif / Wakil Presiden di Walt Disney Imagineering. Temuannya itu sudah pernah ditampilkan di pameran The Living Seas di pusat Epcot Disneyworld dan dikenal sebagai Dolphin Robot Unit atau DRU.

Meski dalam rupa robot, lumba-lumba ini pada dasarnya memberikan sensasi nyata pada siapa saja yang berada di dekatnya. Robot ini dirancang serealistis mungkin untuk dapat merespon perintah yang diberikan.

Tidak hanya mensimulasikan gerakan dari seekor lumba-lumba botol, robot ini juga memiliki kerangka dan struktur otot yang membuatnya dapat terlihat benar-benar hidup. Memiliki berat mencapai 595 pound. Robot ini memiliki ketahanan baterai hingga 10 jam dan dapat digunakan di lingkungan air asin hingga 10 tahun.

Sedikit disayangkan dari tampilannya yang cukup realistis, robot ini belum dilengkapi dengan kamera, sensor, dan kecerdasan mandiri yang membuatnya dapat bergerak tanpa harus dikendalikan oleh manusia. Meski begitu, robot yang dalam tahap pengembangan ini tampaknya dapat benar-benar menggantikan lumba-lumba di masa depan.

Adapun untuk saat ini, versi upgrade dari robot tersebut sedang diuji di salah satu akuarium di China.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.