WHO Sebut Corona Menular via Udara, Ini Tanggapan Gugus Tugas




      Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengakui adanya bukti penularan virus corona lewat udara, terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, seperti kondisi ruangan padat dan tertutup. Namun hal tersebut perlu dikaji lebih mendalam lagi.



Merespons itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan belum membaca laporan resmi WHO terkait itu. Ia tidak bisa berkomentar lebih lanjut sebelum membacanya.


"Ya akan membaca laporan WHO. Kan enggak mungkin hanya katanya. Enggak mungkin dijadikan dasar pengambilan kebijakan," ucap Yuri saat dihubungi Okezone, Rabu (8/7/2020).

Saat ditanya sejauh mana diskursus transmisi atau penularan virus corona lewat udara, Yuri enggan bicara lebih lanjut.

"Kalau saya tahu pasti sudah ambil keputusan," tukasnya.

Yuri menjelaskan, hal yang terpenting harus dilakukan masyarakat adalah menggunakan masker dengan baik dan benar. Sehingga, virus corona tidak akan menular, baik itu melalui percikan droplet ataupun lewat udara.

"Yang harus dipentingkan itu pakai masker, bukan menularnya dari mana, kalau orang pakai masker kan aman. Logikanya di mana coba? Mau (menular) lewat apapun, kalau enggak pakai masker ya percuma," pungkasnya.

Sumber :Okezone

No comments

Powered by Blogger.