10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan


10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan

Bersantap di restoran Padang ada tipsnya supaya tetap terlihat elegan. Chef Farah Quinn yang kerap membahas etika makan mengungkap penjelasannya.

Makan di restoran Padang jadi kegemaran banyak orang. Apalagi setelah beragam lauk dihidangkan di meja oleh pelayan. Dengan begitu pengunjung bisa bebas memilih ingin makan apa. Sering kali 'lapar mata', membuat lauk yang diambil lebih dari dua.

Dalam menikmati nasi hangat plus aneka lauk pauk khas Minang, ternyata ada tipsnya. Jangan asal sembarang makan semua yang ada di depan mata. Chef Farah Quinn melalui YouTube-nya mengunggah 10 tips makan di restoran Padang.


Ia menjelaskan soal cara menyantap nasi bungkus yang benar hingga memberi tahu kalau kobokan air bukan untuk cuci tangan melainkan hanya untuk membilas. Berikut tips makan di restoran Padang yang elegan ala Farah Quinn:

1. Cuci tangan

"Tips pertama kalau datang ke restoran Padang, penting sekali pertama kita cuci tangan pakai sabun," ujar ibu dua anak ini. Pasalnya banyak orang lebih memilih makan pakai tangan saat di restoran Padang. Maka dari itu penting memastikan tangan kita sendiri bebas bakteri, kuman, atau virus dengan cuci tangan.

2. Menu yang dihidangkan dan yang perlu dipesan

10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan Foto: YouTube Farah Quinn

Dalam penyajian menu di restoran Padang, biasanya menu langsung dihidangkan di atas meja dalam jumlah banyak. "Namun untuk minuman perlu kita order dan ada menu spesial tambahan yang bisa dipesan," kata Farah. Misalnya telur dadar barendo dan kepala ikan kakap.

Begitupun dengan kerupuk kulit (jangek) plus kuah. "Sebaiknya begitu ada di depan kita, kita yang nuangin kuah sendiri biar waktu mau kita santap kerupuknya masih renyah," lanjut chef seksi ini.

3. Bisa pilih nasi bungkus atau nasi rames

Soal tips berikutnya, Farah mengatakan "Kalau kita nggak mau lauknya dihidangkan, bisa pesan nasi bungkus atau nasi rames." Nasi bungkus merujuk pada nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan kertas nasi. Di dalamnya sudah ada campuran lauk dan sayur jadi satu.

"Pilihan lain adalah nasi rames. Nasinya sudah dihidang di piring, lauknya kita pilih sendiri," kata Farah. Berbagai lauk bisa kamu pilih saat memasuki restoran Padang karena umumnya lauk dipajang di bagian depan. Nantinya pelayan akan mengantar nasi rames dengan lauk pilihanmu ke meja.

4. Cara makan nasi pakai tangan

10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan Foto: YouTube Farah Quinn

Farah mengatakan banyak orang Indonesia pasti sudah paham betul cara makan nasi pakai tangan. Apalagi cara ini membuat rasa nasi Padang lebih nikmat. "Tapi ini untuk teman saya yang dari Amerika, Australia, atau negara lain yang tidak terbiasa makan pakai tangan," ujarnya.

Pertama, Farah mengerucutkan 5 jari tangannya lalu mengambil nasi sedikit. Setelah itu bisa ambil sayuran dan lauk lain yang ada di piring. "Dipadat-padatin gitu, setelah itu masukkan ke mulut," ujar Farah.

5. Langsung santap makanan yang sudah dihidangkan

"Begitu makanan dihidangkan harus langsung disantap. Jadi masih panas, masih anget. Rasanya lebih enak" tutur wanita 40 tahun ini. Pertama, ambil nasi secukupnya. Setelahnya, ambil lauk satu per satu.

"Penting selalu pakai sendok bersih untuk mengambil lauk. Jangan pakai sendok yang sudah dimasukkan ke dalam mulut" tambahnya. Jadi selalu ingat, sendok lauk hanyalah untuk mengambil lauk. Jangan dibawa ke piring makan apalagi dipakai untuk melahap makanan.

6. Jangan sentuh makanan yang tidak mau dibayar

Penyajian berbagai lauk di restoran Padang sering kali membuat kita tergoda untuk mencicipi semuanya. Tapi harus diingat, jangan menyentuh makanan yang tidak mau kita bayar.

Termasuk ketika kamu berpikir hanya mau ambil kuahnya saja sehingga mengambilnya dengan hati-hati supaya terhindar dari kewajiban membayar. "Itu sangat buruk," komentar Farah. Ia mengingatkan untuk selalu bertanggung jawab dengan makanan yang dipilih.

7. Cara makan nasi bungkus yang benar

10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan Foto: YouTube Farah Quinn

Terlihat sepele, tapi ternyata ada cara makan nasi bungkus yang benar menurut Farah. "Harus kita aduk dulu semuanya. Kita ratakan biar semua bumbunya satu," katanya. Setelah sudah terlihat rata antara bumbu sayur, bumbu rendang, atau bahkan sambalnya, barulah makan nasi bungkus. "Jangan lupa kalau ngunyah, mulut harus ditutup," tambahnya.

8. Piring lauk yang kosong ditumpuk

Selanjutnya Farah menjelaskan, "Ini yang bikin restoran Padang beda dengan yang lainnya. Kalau sudah selesai makan, taruh piring lauk di tempatnya atau ditumpuk."

Cara ini memudahkan pelayan restoran menghitung total bersantap pengunjung. Mereka bisa melihat apa saja yang sudah kita ambil dari piring yang tersisa.

9. Fungsi kobokan

Kobokan air selalu tersedia saat kita makan di restoran Padang. "Ini gunanya untuk bilas tangan, tetep sebelum dan setelah kita makan, kita harus cuci tangan bersih di wastafel dengan sabun," jelas chef berkulit eksotis ini.

Kobokan juga sering kali diisi air hangat. "Konon ketika kita mencelupkan tangan ke dalam air hangat, bisa bikin kita lebih lapar. Biasanya juga selalu ada jeruk nipisnya. Tapi gunakan hanya untuk membilas," lanjut Farah.

10. Cara meletakkan sendok setelah makan

10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan10 Tips Makan di Restoran Padang dari Farah Quinn Supaya Tetap Elegan Foto: YouTube Farah Quinn


Tips santap di restoran Padang terakhir mencakup cara menaruh sendok setelah makan.Farah menjelaskan, "Sendok dan garpu disatukan, ditaruh miring sedikit ke arah jam 5 biar pelayannya tahu kita sudah selesai."

Setelah itu bisa minta pelayan menghitung total pesanan kamu. "Jangan lupa tinggalkan tips untuk mereka karena mereka bekerja keras untuk kamu," pungkas Farah.







Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.