4 Tren Wisata Aman di Tengah Pandemi, Cocok bagi Kamu yang Kebelet Traveling

 

Pandemi virus corona atau Covid-19 memberikan banyak dampak bagi sektor pariwisata. Meski sempat lesu, sektor pariwisata di Indonesia kini mulai bangkit kembali selaras dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun di sisi lain, para pakar perjalanan memprediksi pergeseran tren wisata pasca pandemi Covid-19 yaitu, wisata yang aman dengan pengendalian jumlah orang dan penerapan kepedulian terhadap lingkungan.

Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai diterapkan oleh sejumlah daerah maupun pelaku wisata. Seperti apa tren wisata yang dimaksud? Berikut Okezone rangkumkan ulasannya seperti dikutip dari akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu (22/8/2020).

1. Solo traveling

Untuk meminimalisir rombongan dalam jumlah besar, solo traveling atau berwisata secara individual diprediksi akan menjadi salah tren wisata di tengah pandemi Covid-19. Jangan takut! Solo traveling sejatinya bisa mendatangkan banyak manfaat untuk Anda. Seperti yang sempat disampaikan oleh travel blogger, Kenny Santana atau lebih dikenal dengan akun @kartuposinsta.

Dia mengatakan bahwa solo traveling tak hanya membantu seseorang menemukan jati dirinya, tetapi juga meningkatkan banyak skill yang sangat berguna bagi kehidupan mereka.

"Banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Kita jadi tahu rasanya tersesat dan mencari jalan keluar. Kegiatan ini secara tidak langsung melatih kemampuan kita dalam mengambil keputusan (decision making)," tutur Kenny Santana saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

2. Wellness tour

Menjaga kebugaran tubuh dan mental seperti spa tourism, sport tourism, hingga medical check up tour, juga diprediksi akan booming dalam beberapa tahun ke depan. Aktivitas wisata ini memang cocok untuk 'menyembuhkan' (healing) mental dan fisik, setelah kurang lebih 6 bulan Anda menjalani masa karantina.

Di Indonesia sendiri sudah banyak daerah yang menyuguhkan pilihan aktivitas wisata tersebut. Mulai dari Bali, Banyuwangi, hingga Labuan Bajo. Sekarang tinggal Anda sesuaikan dengan waktu dan budget yang ada.

3. Virtual tour

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak negara yang berinovasi menciptakan simulasi kunjungan dalam bentuk virtual reality (VR). Tak terkecuali Indonesia.

Beberapa museum hingga kebun binatang di ibukota Jakarta sudah menerapkan konsep tersebut. Mulai dari Kebun Binatang Ragunan, Museum MH Thamrin, Museum Kesejarahan, dan masih banyak lagi. Hal ini mereka lakukan demi memenuhi hasrat wisatawan yang rindu berwisata.

Cara mengikuti virtual tour pun terbilang sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengunjungi situs-situs resmi objek wisata yang hendak disambangi.

4. Staycation

Terakhir dan tak kalah menariknya adalah staycation. Secara harfiah, staycation merupakan konsep liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain. Dalam hal ini, biasanya wisatawan akan membooking hotel-hotel di dalam kota yang menyuguhkan fasilitas menarik.

Itulah sebabnya banyak hotel maupun tempat-tempat penginapan yang menyediakan promo staycation dengan harga bersaing. Selain itu, staycation juga diklaim sapat memberikan efek refreshing yang sama ketika seseorang berlibur ke luar kota.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.