5 Fakta Nihiwatu Sumba yang Diinapi Rachel Vennya


Sumba Barat -Nihiwatu Sumba menyedot perhatian netizen karena selebgram Rachel Vennya menginap di sana. Inilah 5 fakta Nihiwatu Sumba yang pernah dinobatkan sebagai hotel terbaik dunia.
1. Hotel terbaik dunia 2016

Majalah travel internasional Travel+Leisure menobatkan Nihiwatu Sumba sebagai hotel terbaik dunia tahun 2016. 

Nihiwatu Sumba sukses mengalahkan kandidat lainnya dari Australia, Ekuador, Cile, Selandia Baru, sampai Amerika Serikat.

2. Lokasi

Nihiwatu Sumbba terletak di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya yang dekat dengan Pantai Nihiwatu membuat resor ini kental akan suasana pantai dan laut.

Untuk mencapainya, traveler dapat menggunakan pesawat dari Bali menuju Sumba. Kemudian dari Bandara Umbu Mehang Kunda, traveler dapat mengendarai mobil menuju Nihiwatu. Waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam.

3. Dikelola orang asing

Nihiwatu Sumba didirikan oleh Claude Graves yang lahir di Jerman beserta istrinya pada tahun 1988. Mereka lalu berkolaborasi dengan masyarakat lokal Sumba untuk mengembangkan resor ini.

Pada 2012, Claude menjual resornya pada pengusaha asal Amerika Serikat, Christopher Burch yang kini mengelola resornya bersama Managing Partner James McBride yang memiliki pengalaman panjang di bidang perhotelan.

3. Punya kegiatan pengabdian pada masyarakat

Selain berbisnis, Nihiwatu Sumba juga memiliki program pengabdian pada masyarakat. Keuntungan dari resor ini disumbangkan ke Yayasan Sumba (Sumba Foundation) yang digunakan untuk menyembuhkan masyarakat dari penyakit malaria, memberi peralatan sekolah, dan hal positif lainnya.

Selain itu, mereka juga mengusung konsep ramah lingkungan. Tak sampai di situ, 90 persen dari pegawai Nihiwatu Sumba adalah penduduk lokal guna mendukung kearifan lokal di resor tersebut. 

4. Fasilitas berstandar internasional

Resor Nihiwatu Sumba menawarkan 33 villa berstandar internasional. Villa itu dibagi menjadi Kanatar, Lulu Amahu, Lamba, Marangga, Kasambi, Wamoro, Lantoro, Puncak, Rumah Pohon Mamole dan Raja Mendaka.

Selain menyewakan kamar, Nihiwatu Sumba juga menyediakan fasilitas liburan yaitu trekking ke sejumlah destinasi indah Sumba, safari, berkuda layaknya prajurit Sumba, memasak makanan lokal, dan berkunjung ke pasar tradisional Waikabubak.

Traveler juga dapat menikmati olahraga air yakni surfing, jet ski, scuba diving, paddle board atau sekadar jalan santai di Pantai Nihiwatu.

5. Harga sewa tinggi

Traveler perlu menyiapkan budget ekstra jika ingin menginap di Nihiwatu Sumba. Harga termurah adalah kamar Kanatar yang dipatok mulai USD 895 (sekitar Rp 13,3 juta). Sedangkan yang termahal adalah kamar Raja Mendaka yaitu USD 17.445 (hampir Rp 260 juta).

Harga sewa per malam itu sudah termasuk makan, akomodasi, minuman non alkohol, rekreasi lokal, WI-FI, dan aktivitas laut lainnya. Bagaimana, tertarik untuk menginap di Nihiwatu Sumba seperti Rachel Vennya?

Sumber :    detik 

No comments

Powered by Blogger.