Curhat ke Ibu. Coba 7 Langkah Komunikasi Ini Biar Lancar

Setiap kali ada sesuatu yang membebani, kita sering berpaling kepada ibu dan mempercayai mereka untuk memahami situasinya. Namun, membicarakan masalah sensitif dan pribadi tentu lebih menantang dan seringkali membuatmu canggung. Pada akhirnya, kamu mengurungkan niat untuk menanyakan hal tersebut pada ibumu.

Padahal, ibumu memiliki lebih banyak pengalaman dan mungkin ia dapat membantumu. Agar komunikasi yang bersifat sensitif ini dapat menjadi efektif, ada baiknya untuk menerapkan 7 langkah berikut ini seperti dilansir dari Times of India :

Jelaskan

Setiap kali kamu memulai percakapan dengan ibu, cobalah untuk mendeskripsikan situasinya secara objektif. Ini berarti berpegang pada fakta dan situasi yang sebenarnya dengan menghindari pendapat dan interpretasi diri sendiri. Hal ini pada akhirnya akan membuatnya sependapat dan membantunya untuk melakukan introspeksi percakapan dengan cara yang lebih baik.

Ekspresikan

Langkah kedua adalah mengekspresikan diri yang berarti kamu harus memberi tahu dia bagaimana situasi tersebut memengaruhi perasaanmu dengan mengekspresikan perasaan dan keinginan kamu secara jelas. Ini penting karena kamu tidak boleh mengharapkan dia membaca pikiranmu dan kemudian memberikan solusi.

Cobalah untuk menggunakan kata-kata seperti "Saya merasa seperti ini karena ..." atau "Ini adalah sesuatu yang membuat saya merasa ...".

Tegaskan

Jangan bertele-tele ketika menyampaikan apa yang ingin kamu katakan kepada ibumu. Percakapan juga akan menjadi efektif jika kamu menyampaikannya tanpa ragu-ragu. Hindari mengatakan, "Oh, saya tidak tahu bagaimana memulainya atau harus berkata apa, tetapi saya ingin Anda memahami situasi ini", alih-alih coba, "Ini adalah sesuatu yang saya alami dan ingin saya bagikan dengan ibu."


 

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.