Dahsyatnya Ledakan di Beirut Picu Gempa Bumi, Guncangan Dirasakan Sampai Siprus



    Dahsyatnya ledakan yang mengguncang Ibu Kota Lebanon, Beirut telah memicu gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,5, demikian diungkapkan pusat geosains Jerman, GFZ pada Rabu (5/8/2020).

Berdasarkan keterangan termutakhir dari pihak berwenang, ledakan itu telah menewaskan setidaknya 78 orang dan melukai 4.000 lainnya. Jumlah korban diperkirakan masih akan terus bertambah, demikian dilaporkan Al Jazeera.

Ledakan itu dilaporkan terdengar dan dirasakan hingga Siprus, yang berjarak lebih dari 200 kilometer dari Beirut. Sebagian Ibu Kota Beirut luluh lantak akibat ledakan, yang mengirim gelombang kejut ke seluruh kota, mengakibatkan kerusakan yang lebih luas bahkan hingga daerah pinggiran.

Menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri Lebanon, ledakan diduga dipicu oleh tumpukan besar, sekira 2.750 ton, bahan kimia ammonium nitrat yang disimpan di sebuah gudang di Pelabuhan Beirut.

Presiden Lebanon, Michel Aoun pada Rabu telah menggelar rapat darurat kabinet dan akan mengumumkan keadaan darurat selama dua pekan menyusul ledakan tersebut. Pemerintah juga telah mengalokasikan dana darurat sebesar 100 miliar pound Lebanon untuk mengatasi dampak bencana ini.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.