Ketika Penari Gunakan Masker di Pentas Tari Kecak Uluwatu



 Pariwisata Bali resmi dibuka sejak 31 Juli 2020 lalu. Sejumlah objek wisata pun kini sudah mulai menerima kembali kunjungan wisatawan domestik.

Perlu diketahui pula bahwa sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak tempat yang menerapkan kebijakan baru dan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk kawasan pariwisata Uluwatu.

Seperti diketahui tempat ini menawarkan wisata budaya yang dipadukan dengan indahnya pemandangan laut Bali di kala senja.

Berada di atas tebing setinggi 97 meter, pemandangan terbenamnya matahari terlihat semakin dramatis. Apalagi bila Anda menikmati momen tersebut sembari menyaksikan pertunjukan Tari Kecak yang biasanya dimainkan oleh 50 hingga 100 penari.

Tari Kecak menggambarkan cerita Ramayana ketika melawan Rahwana dan dibantu oleh pasukan kera atau monyet. Tak pelak dari sekian daya tarik wisata yang dimiliki Uluwatu, tari kecak menjadi generator banyak wisatawan.

“Kalau tidak ada pertunjukan tari kecak, Kawasan Objek Wisata Pura Uluwatu sangat sepi. Kami yakin dengan adanya tari kecak di era normal baru, pariwisata di Bali khususnya Uluwatu akan bertumbuh dan berkembang lagi,” ujar Wayan Wijana.

Namun Wayan menambahkan, ada beberapa perubahan terhadap tari kecak era normal baru yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Antara lain penari yang tidak memakai topeng wajib menggunakan pelindung wajah atau masker, jumlah penari dikurangi dan koreografi tarian di atur sedemikian rupa untuk menjaga jarak.

"Selain penari, pengunjung yang datang juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, dan menjaga jarak sesuai marka yang terdapat di tempat duduk masing-masing," tandasnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan Tari Kecak secara langsung, Pura Uluwatu terletak di sebelah selatan Bali, tepatnya di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jarakya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.