Mengenal Fatani, Atase Budaya Wanita Pertama Arab Saudi

Mengenal Fatani, Atase Budaya Wanita Pertama Arab Saudi

Kedutaan Besar Inggris untuk Arab Saudi mengangkat Dr. Amal binti Jameel Fatani sebagai atase budaya untuk Inggris. Fatani juga dinobatkan sebagai  atase budaya wanita pertama di Arab Saudi oleh Menteri Pendidikan Saudi, Dr. Hamad bin Mohammed Al-Sheik.

Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Neil Crompton mengucapkan selamat bagi Fatani atas pengangkatannya melalui cuitan pribadinya.

"Selamat kepada Dr Fatani @FataniAmal atas pengangkatannya sebagai Atase Kebudayaan untuk #UK. Senang dia sendiri adalah alumni Inggris. Semoga dia mendapatkan yang terbaik dalam peran barunya dan berharap untuk memperkuat hubungan orang-orang antara Inggris dan Arab Saudi," tulis Crompton yang dikutip di Arab News, Selasa (11/8).



Fatani telah mengantongi gelar doktor di bidang farmakologi dan toksikologi dari University of Strathclyde. Dia memperoleh gelar master dan sarjana di bidang farmakologi dan toksikologi dari College of Pharmacy di King Saud University (KSU), di mana dia saat ini menjadi profesor madya. Dia sebelumnya bekerja di Kementerian Pendidikan Tinggi dan KSU, dan termasuk di antara lulusan apotek wanita pertama di Kerajaan.

Setelah menerima gelar doktor, Fatani diangkat sebagai wakil ketua departemen farmakologi dan toksikologi. Dia adalah dekan perempuan pertama dari sembilan perguruan tinggi ilmiah dan kedokteran, dan telah bekerja dengan rektor, deputi, dan dekan perguruan tinggi untuk membangun rencana strategis terpadu untuk mendapatkan akreditasi, peringkat global yang lebih tinggi, dan menerapkan praktik internasional terbaik di perguruan tinggi.

Arab Saudi dan Inggris memiliki hubungan yang penting dan terjalin lama, diperkuat melalui hubungan individu yang kuat, melalui hubungan kerjasama di bidang akademik. Dimana ratusan siswa penerima beasiswa Saudi telah lulus dari institusi pendidikan terbaik Inggris.

Kedua negara adalah mitra strategis utama dalam rencana reformasi Visi Saudi 2030 Kerajaan, dan telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk membangun dan mengembangkan perdagangan dan investasi serta mencapai kemakmuran bersama bagi warganya.

Atase Kedutaan merupakan posisi yang diisi oleh ahli-ahli dalam bidang tertentu yang diperbantukan pada sebuah kedutaan untuk mewakili sebuah negara dalam mengurus suatu bidang tertentu sesuai dengan keahliannya.







Sumber : republika

No comments

Powered by Blogger.