Mengenal Senjata Garuda Indonesia untuk Bunuh Corona




    Di tengah pandemi virus Corona, maskapai Garuda Indonesia terus memberi rasa aman bagi para penumpang. Tiap maskapai mereka punya senjata untuk memberantas COVID-19, apa itu?




Dalam kunjungan detikTravel ke hanggar 2 PT Garuda Maintenance Factory (GMF) Rabu (26/8/2020), maskapai Garuda Indonesia memperkenalkan satu teknologi khusus dari pesawatnya untuk memberantas virus Corona.

Adalah HEPA filter, sebuah penyaring udara yang telah terpasang di dalam pesawat untuk mengatur sirkulasi udara dalam kabin pesawat. Hal itu diperjelas dengan informasi dari sang teknisi pesawat bernama Bagus Panuntun.

"HEPA filter itu sendiri yang dikenal sebagai High Efficiency Particle Filter, merupakan sebuah filter atau penyaringan udara di pesawat yang berfungsi untuk menyaring udara atau segala debu partikel hingga bakteri yang ada di pesawat. Di kabin disirkulasikan di sebuah filter untuk penyaringan hingga kadar udara yang ada di kabin itu 99,9% disaring hingga menjadi udara yang sangat murni dan bisa dihirup di kabin," kata Bagus.

Di tengah pandemi, fitur HEPA filter milik Garuda Indonesia itu juga ampuh untuk mencegah penularan corona di atas pesawat. Secara teknis, udara di dalam kabin terus disaring dan dibersihkan secara otomatis.

"Iya, termasuk virus corona juga bisa disaring dalam HEPA filter itu. Jadi kita tidak perlu khawatir ketika kita akan terbang, karena segala sirkulasi yang ada di kabin sudah disaring melaui HEPA filter itu sendiri dan dijamin di dalam penerbangan kita akan merasa nyaman karena udara yang dihasilkan adalah udara yang murni," pungkas Bagus.

Secara teknis, HEPA filter akan otomatis menyaring udara di dalam kabin tiap 2 menit. Sehingga udara di kabin dipastikan bersih dan bebas dari corona. Fungsinya sendiri begitu vital dan perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.