Nggak Cuma Bisa Bersihkan Karang Gigi, Ini Manfaat Lain dari Scaling

periksa gigi

 

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang sehat dan bersih serta nafas yang segar. Namun, sisa makanan, kotoran, dan bakteri yang menempel dan tertinggal di mulut sering sekali menyebabkan timbulnya karang gigi. Akibatnya, gigi menjadi rusak hingga menyebabkan napas yang tak sedap. Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan untuk membersihkan gigi minimal dua kali sehari.

Meskipun telah menggosok gigi secara teratur, hal ini ternyata belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Untuk itu, Anda perlu melakukan scaling atau pembersihan karang gigi. Pasalnya, kerusakan yang terjadi pada gigi akan bersifat permanen. Sehingga akan lebih baik jika mencegah kerusakan gigi sedini mungkin. Scaling menjadi salah satu perawatan gigi yang paling efektif. Selain bisa membersihkan karang gigi, scaling juga memberikan banyak manfaat pada kesehatan gigi seperti dikutip dari Sabka dentist berikut ini.


1. Membersihkan Noda
Setiap hari Anda tentu mengonsumsi makanan dan minuman yang akan meninggalkan kotoran atau noda pada gigi. Apalagi jika Anda merupakan orang yang gemar minum teh dan kopi. Menyikat gigi setiap hari biasanya hanya bisa menghilangkan sebagian noda di gigi, sementara scaling bisa membantu membersihkan noda di gigi lebih efektif.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut menjadi satu hal yang paling menyebalkan, terlebih jika Anda sedang berinteraksi dengan orang lain. Biasanya, bau mulut disebabkan oleh karang gigi yang menumpuk dan tak kunjung dibersihkan. Adanya endapan berkerak pada gigi membuat bakteri berkumpul sehingga menyebabkan bau. Oleh karena itu, diperlukan scaling untuk menghilangkan karang pada gigi.

3. Mencegah Penyakit Gusi
Siapa sangka kalau bakteri pada gigi juga bisa menyebabkan penyakit di gusi? Penumpukkan plak pada gigi jika dibiarkan bisa merusak gusi sehingga menyebabkan penyakit gusi. Jika tak segera dibersihkan, penyakit gusi bisa menyebabkan gigi tanggal.

4. Mencegah Gigi Berlubang
Gigi berlubang menjadi salah satu penyakit gigi yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, mereka akan pergi ke dokter gigi untuk menambal gigi. Gigi berlubang biasanya terbentuk saat plak mulai mengikis lapisan luar gigi. Menyikat gigi secara teratur memang bisa membantu menghilangkan plak, namun Anda juga perlu melakukan scaling setidaknya 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak berlubang.

5. Meningkatkan Kesehatan Gigi
Tanpa disadari, mulut juga menjadi bagian terpenting yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Menjaga kebersihan gigi secara teratur tentunya berdampak terhadap kesehatan tubuh, bahkan mengurangi risiko terkena stroke atau jantung. Hal ini karena sakit kronis yang berkaitan dengan penyakit gusi bisa menyebabkan pengerasan arteri. Itulah mengapa menjaga kesehatan gigi sangatlah penting.


Membersihkan gigi secara rutin ternyata sangat penting untuk dilakukan. Tak hanya untuk kesehatan gigi, tetapi untuk kesehatan tubuh. Saat mengalami kerusakan gigi, ada baiknya segera berobat ke dokter gigi. Pasalnya, banyak penyakit gigi yang jika dibiarkan begitu saja bisa merusak syaraf dan organ tubuh lainnya.

Saat ini, GrabHealth bersama GoodDoctor menghadirkan layanan konsultasi kesehatan gigi melalui chat dan kamu juga bisa janjian dengan dokter gigi untuk melakukan scaling. GrabHealth juga menghadirkan dokter di berbagai bidang sehingga Anda bisa berkonsultasi seputar banyak hal meliputi kehamilan, kulit, penyakit dalam, THT, mata, dan lainnya. Biaya untuk konsultasi bersama dokter via GrabHealth juga terjangkau, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter profesional mulai dari Rp 20.000.

Melalui GrabHealth, Anda juga bisa membeli berbagai obat serta vitamin dari apotek terdekat seperti, Century, Apotek K24, Apotek Alvin Farma, Apotek Roxy, dan lainnya. GrabHealth juga menghadirkan layanan pesan dan antar obat sehingga Anda bisa belanja keperluan medis dari rumah. Yuk segera gunakan layanan GrabHealth.











Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.