Olahraga Unik dari Belgia, Vinkensport: Duduk dan Hitung Kicau Burung

Sebuah tangkapan video dari YouTube yang memperlihatkan kompetisi Vinkensport.


Di Flanders, Belgia, ada olah raga unik di mana pesertanya duduk dan mendengarkan lalu menghitung kicauan burung. Dalam olahraga yang mereka namakan Vikensport tersebut, orang-orang duduk berbaris dengan jarak sekitar 1,8 meter, masing-masing menghadap sebuah kotak. Di dalam kotak tersebut terdapat burung chaffinch jantan dan para peserta menghitung sebanyak mungkin kicauan burung tersebut selama satu jam. 

Para pesertanya dinamakan vinkeniers sebagaimana dilansir dari Oddity Central, Jumat (31/7/2020). Baca juga: 30 Tahun Olah Raga Seperti Monyet, Pria Ini Klaim Kesehatannya Terjaga Para vinkeniers dibekali tongkat kayu yang panjang dan kapur untuk menghitung kicauan burung chaffinch. Agar mereka tidak curang, para juri terus berjalan dan memerhatikan para vinkeniers dengan ketat. Burung chaffinch yang berkicau paling banyak dalam satu jam dinyatakan sebagai pemenangnya.



Vinkensport adalah olahraga yang sangat pasif, beberapa orang ada yang menyatakan bahwa itu adalah olahraga membosankan. Bahkan ada juga orang yang mengatakan vinkensport adalah olahraga yang sangat kontoversial.

Kehadiran vinkensport dapat dilacak pada akhir abad ke-16. Dokumen-dokumen sejarah menyebutkan kegiatan tersebut awalnya diinisasi para pedagang beretnik Flemish. Pada abad ke-19, popularitas olahraga tersebut telah berkurang karena beberapa faktor. Setelah Perang Dunia I, olahraga tersebut perlahan bangkit kembali. Pada 2007, ada lebih dari 13.000 vinkeniers membiakkan 10.000 burung setiap tahun.

Cara-cara tersebut seperti pembiakkan secara selektif, diberi makanan berprotein tinggi, dan menstimulus kicauannya dengan memainkan musik-musik tertentu dan rekaman kicauan burung. Sementara itu protes datang dari para aktivis pencinta binatang. Mereka menuding vinkeniers mengeksploitasi burung chaffinch untuk kepentingan mereka sendiri. 

Vinkeniers juga dituduh “mencuci otak” burung tersebut agar bisa berkicau di luar batasnya. Pernah suatu ketika juara Vinkensport dilaporkan menghasilkan kicauan burung lebih dari 1.000 kicauan dalam satu jam. Pada suatu waktu, seorang vinkeniers dilaporkan mencatat 1.278 kicauan dari burung chaffinch miliknya.





Sumber : kompas

No comments

Powered by Blogger.