Ragam Budaya Sarapan di Berbagai Negara



Buat kamu yang selalu aktif berkegiatan sehari-hari, melewatkan sarapan mungkin bisa membuatmu lemas dan lesu. Sarapan sangat penting bagi tubuhmu, sebagai pasokan energi dan nutrisi yang baik untuk jalani hari.

Jika kamu punya waktu luang lebih dan ingin mencoba suasana sarapan baru, kamu mungkin bisa coba varian sarapan khas di beberapa negara ini. Dilansir dari CNN, berikut penjelasannya.


1. Swis

Pada hari kerja yang sibuk, orang Swis biasanya sarapan dengan makanan yang cepat tetapi mengenyangkan seperti birchermüesli tradisional, campuran oat dan granola dengan buah dan kacang yang biasanya disajikan di atas yogurt kental.

Namun pada akhir pekan, orang Swiss menikmati brunch dengan roesti (panekuk kentang), keju, dan makanan utamanya adalah zopf. Roti telur yang dikepang tersebut mirip dengan challah atau brioche, dan disajikan dengan madu, mentega, dan selai.

2. Ethiopia

Orang Ethiopia biasa sarapan dengan hidangan bubur gandum yang banyak macamnya. Salah satu yang terkenal di seluruh penjuru negara adalah genfo. Genfo dibuat dengan campuran tepung gandum dan air mendidih menjadi adonan lengket, kemudian dibentuk menjadi gundukan dengan cekungan di tengahnya. Cekungan tersebut kemudian diisi dengan mentega yang telah dicampur dengan berbere, campuran rempah-rempah yang kompleks, dan dollop yogurt yang sering disiram di tepi genfo.

3. Jepang

Menu sarapan ala Jepang tidak akan dihidangkan pada jam makan lainnya. Menu tersebut biasanya terdiri atas beberapa pilihan piring kecil, masing-masing dengan beberapa hidangan tradisional Jepang.

Ikan seperti salmon atau mackerel, sup miso, acar sayuran dan nasi menjadi ciri khasnya. Ada juga tamagoyaki, telur dadar gulung sedikit manis yang terbuat dari lapisan tipis telur dalam wajan persegi panjang yang memberikan bentuk khasnya.

4. Islandia

Orang Islandia biasa memulai hari dengan memakan minyak hati ikan kod, sumber asam lemak omega-3 dan salah satu produk sampingan dari industri ikan di negara tersebut. sarapan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. 

Selain itu, untuk hidangan pagi yang lebih enak, bisa ditambah dengan semangkuk hafragrautur, oatmeal kental, dengan topping kacang, kismis, dan gula, atau tambahkan skyr, produk susu kental seperti yoghurt yang merupakan keju segar.

5. Maroko

Sajian teh mint dan roti semolina menjadi andalan sarapan ala Maroko. Jenis baghrir berbentuk bundar tipis dan beragi yang diberi nama "pancake seribu lubang" atau "crepes seribu lubang". Roti semolina ini biasa ditambahkan mentega dan madu di atasnya.

Sedangkan harcha lebih tebal, bulat dengan gaya biskuit yang renyah dari bubuk semolina kasar. Hidangan tersebut dapat disajikan seperti muffin Inggris dengan keju atau mentega, selai, dan madu.




Sumber : ayo bandung.com

No comments

Powered by Blogger.