Rendang: Hasil Pertemuan Budaya India dan Budaya Minangkabau Indonesia


Rendang makanan legendaris di dunia merupakan makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat khususnya dibuat oleh orang Minangkabau. Rendang pada umumnya diolah dari daging sapi bersama santan dan rempah-rempah tertentu dalam serangkaian proses yang panjang. Makanan tradisional dari Minangkabau ini telah mendunia dan terkenal karena cita rasanya yang kaya rempah-rempah. Tapi tahu kah kita bahwa makanan rendang tidak secara tiba-tiba ada?, melainkan karena serangkaian proses sejarah.

Hingga saat ini, terdapat dugaan yang menyatakan bahwa rendang pada mulanya berasal dari India karena kesamaannya dengan kari india (kari massaman), benarkah itu?

Konon, para pedagang India datang ke Indonesia dengan membawa kebudayaan lokal mereka salah satunya adalah kari india. Masyarakat Indonesia menerimanya sebagai gulai. Oleh orang Minang gulai itu dimasak lebih lanjut hingga tekstur masakan mengental dan dinamai dengan rendang.

Rendang berasal dari kata ‘merandang’ atau ‘randang’, yang berarti “lambat” karena proses memasak yang memakan waktu lama. Rendang Minangkabau memiliki tekstur berkeringat dan berwarna coklat dengan aroma kuat rempah-rempah yang meresap dalam daging.









Sumber : beritadiy

No comments

Powered by Blogger.