Setelah Kim Jong-un, Kini Giliran Sang Adik Kim Yo-jong Dikabarkan Menghilang




     Adik perempuan dari Kim Jong-un, Kim Yo-jong dikabarkan tidak terlihat di publik selama lebih dari sebulan. Meskipun dirinya santer diberitakan telah didapuk sebagai penerus saudara laki-lakinya.




Dia terakhir terlihat pada 27 Juli 2020, berdiri bersama saudara laki-lakinya saat dia memberikan pistol peringatan kepada pejabat militer untuk menandai gencatan senjata ke-67 Perang Korea, lapor media setempat.

Sebelumnya, Kim Jong-un yang dilaporkan menghilang. Bahkan, mantan pejabat Korea Selatan menyebut jika Kim menghilang lantaran koma.

Namun, rumor itu semua terbantahkan setelah Kim Jong-un hadir dalam rapat partai pada tanggal 25 Agustus kemarin, demikian dikutip dari Daily Star, Jumat (28/8/2020).

Banyak spekulasi liar yang beredar menyebut sang pemimpin Korut digantikan oleh orang lain. Pasalnya, dalam foto yang tersebar luas, Kim Jong-un terlihat lebih berbobot.

Sosok yang Lebih Menakutkan

Kim Yo-jong digambarkan oleh media lebih menakutkan dari sang kakak. Menurut media pemerintah Korea Utara, Badan Intelijen Nasional (NIS) kediktatoran mengatakan kepada Komite Intelijen Majelis Nasional pekan lalu bahwa Kim Jong-un telah melepaskan sebagian kendali pemerintahan kepada Yo-jong.

NIS mengumumkan Kim Jong-un akan tetap "menggunakan kekuatan absolut", tetapi dia akan secara bertahap mengalihkan otoritasnya ke Yo-jong "untuk mengurangi stres".

Pengungkapan itu memicu peringatan dari para ahli, adik perempuannya akan menjadi lebih "diktator yang kejam" ketika akhirnya mengambil alih pemerintahan.

Dia juga akan lebih tertarik untuk menegaskan kekuatan militer Korea Utara dengan meningkatkan peluncuran peluru kendali, menurut laporan spekulatif.

"Dia akan menjadi lebih galak dan lebih tirani daripada saudara laki-laki, ayah, atau kakeknya," kata Sung-Yoon Lee, seorang profesor di Sekolah Hukum dan Diplomasi Fletcher Universitas Tufts.

Namun, Kim Yo-jong hilang dari publik di saat kekuasaan sebagian telah diberikan oleh sang kakak.

Kim Yo-jong juga tidak hadir pada hari Rabu kemarin ketika Kantor Berita Pusat Korea Utara mengumumkan Kim Jong-un telah mengadakan pertemuan untuk membahas penangangan Virus Corona dan topan Bavi, yang menghantam Korea Utara.

Sumber :Liputan6

No comments

Powered by Blogger.