Sudah Tahu Belum? Ini Manfaat Dengarkan Musik Sambil Olahraga

Foto: Shutterstock

Saat sedang olahraga di pagi atau sore hari, di antara kita kita pasti pernah melihat orang berolahraga sambil mendengarkan musik. Hal itu mungkin terlihat wajar dan biasa saja. Tapi jangan salah, berolahraga sambil mendengarkan musik nyatanya mempunyai manfaat!
Dilansir dari Healthline, mendengarkan musik ternyata tidak hanya untuk melepaskan penat saja tetapi juga memberikan peningkatan yang signifikan dalam setiap kegiatan olahraga. Kebanyakan orang pasti mempunyai playlist andalan agar setiap kegiatan olahraga lebih menyenangkan. Kabar baiknya, ternyata mendengarkan musik dapat mengantarkan kita ke tingkat kebugaran yang sesuai dengan target atau bahkan melampauinya.

Selain itu, mendengarkan musik tanpa disadari dapat mengalihkan perhatian dari peningkatan tenaga dalam berolahraga. Tentu ini menjadi modal yang bagus bagi yang ingin mendapatkan latihan yang lebih secara keseluruhan dengan tenaga yang lebih ekstra. Tak hanya itu saja, mendengarkan musik ketika berolahraga bisa memacu untuk melakukan olahraga lebih keras dibandingkan tidak mendengarkan musik.

Sebuah studi mengemukakan, orang yang mendengarkan musik ketika berolahraga akan lebih keras dalam melakukan latihan sehingga mereka tidak merasakan lelah ketimbang yang tidak mendengarkan musik.

Lebih lanjut, sebuah studi menemukan mendengarkan musik lebih efektif dan membuat olahraga lebih menyenangkan daripada hanya menonton video tanpa suara. Hal ini terjadi karena semakin terlarut dalam lantunan sebuah musik, perasaan tidak menyenangkan dari suatu aktivitas juga akan terlupakan. Inilah yang membuat kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan.


Sementara itu, sebuah studi lain juga menyarankan untuk mendengarkan musik lambat sekitar 80-115 BPM sebelum melakukan olahraga dapat membantu memperlambat detak jantung dan mengurangi kecemasan sebelum olahraga yang intens. Menurut sebuah ulasan di The Sport Journal, ketukan, lirik dan perasaan dapat membantu dalam mengontrol diri dan memegang kendali tubuh sendiri.

Jika Anda memiliki target tertentu dalam berolahraga, cobalah mendengarkan musik yang disesuaikan dengan ritme aktivitas yang dilakukan. Berolah sambil mendengarkan musik tentunya akan menciptakan suasana lebih menyenangkan. Apalagi didukung perangkat yang mumpuni.


Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.