Tak Punya HP, Nenek 70 Tahun Rela Susuri Hutan untuk Tugas Cucunya

 

      Seorang nenek di daerah Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta harus rela berjalan kaki sejauh 3 kilometer melintasi jalan setapak di hutan,  hanya untuk mengambil tugas sekolah milik cucunya.



Di usia senjanya, tak menyurutkan niat Nenek Suratinem (70) mewujudkan keinginan cucunya Devi Novianti (10) untuk menjadi seorang dokter.

“Ibunya sudah meninggal saat Devi masih sekolah TK, sementara ayah bekerja di Cianjur dan tak pernah lagi menjenguknya apalagi mengurusnya karena sulit dihubungi sejak ibunya meninggal,” ujar Suratinem, Jumat (14/8/2020).

Kini, Devi tinggal berdua dengannya di sebuah rumah sangat sederhana yang terbuat dari bilik bambu dan beralaskan tanah.

Namun di masa pandemi ini, cucu kesayangannya itu kesulitan belajar di rumah karena tidak memiliki handphone. Suratinem pun terpaksa meminjam HP tetangganya, bahkan dia rela berjalan kaki dan menyusuri hutan untuk mengambil tugas cucunya di sekolah.

“Kalau HP saya pinjam sama tetangga, tapi jika ada tugas terpaksa ambil di sekolah dan jalan kaki sejauh 3 Km,” katanya.

Devi sendiri siswi kelas 4 di SD Negeri Jetis, Jalan Turusan, Kapanewon, Girimulyo, Kulonprogo yang berjarak 3 kilometer dari rumahnya. Dan untuk sampai ke sekolahnya, Devi harus berangkat lebih pagi, karena harus berjalan kaki sekitar 1 jam melewati jalan desa yang kini sudah rusak.

Sedangkan untuk makan sehari-hari, Suratinem mengaku diberi oleh tetangganya. “Untuk makan ya dikasih tetangga, ngak punya yang dijual. Bapaknya Devi di Cianjur dan ngak pernah datang sejak kecil,”pungkasnya.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.