Tujuh Orang Meninggal Terinfeksi Penyakit Baru Disebabkan Kutu di China



      Penyakit menular baru disebabkan virus dari kutu telah menewaskan tujuh orang dan menginfeksi 60 orang lainnya di China, media resmi setempat melaporkan pada Rabu, memperingatkan kemungkinan penularan dari manusia ke manusia.



Lebih dari 37 orang di Provinsi Jiangsu, China Timur, tertular Virus SFTS pada paruh pertama tahun ini. Kemudian, 23 orang ditemukan telah terinfeksi di wilayah China Timur lainnya yaitu Provinsi Anhui, dilaporkan media yang dikelola negara, Global Times, dilansir The Hindu, Kamis (6/8).

Seorang perempuan dari Nanjing, ibu kota Jiangsu, yang sakit karena virus tersebut menunjukkan gejala seperti demam dan batuk. Para dokter menemukan penurunan leukosit, trombosit darah di dalam tubuh.

Setelah sebulan perawatan, perempuan tersebut pulang dari rumah sakit.

Laporan tersebut menyampaikan, setidaknya tujuh orang meninggal di Anhui dan Provinsi Zhejiang karena virus tersebut.

Virus SFTS bukan virus baru. China telah mengisolasi patogen virus pada 2011, dan virus itu termasuk kategori Bunyavirus.

Para virologis meyakini infeksi kemungkinan ditularkan ke manusia oleh kutu dan virus bisa ditularkan antara manusia.

Sheng Jifang, seorang dokter dari rumah sakit pertama yang berafiliasi dengan Universitas Zhejiang mengatakan, kemungkinan penularan manusia ke manusia tak bisa dikesampingkan; pasien bisa menularkan virus ke orang lain melalui darah dan lendir.

Para dokter memperingatkan gigitan kutu adalah jalur penularan utama. Namun sepanjang orang-orang tetap waspada, tak perlu panik terjangkit virus.

Sumber :merdeka

No comments

Powered by Blogger.