5 Cara Mengatasi Speaker Smartphone Tak Bersuara Tanpa Servis


Cara mengatasi speaker smartphone tak bersuara bisa dilakukan sendiri di rumah. Tidak memerlukan cara-cara yang merepotkan atau dengan membuka badan smartphone. Kamu hanya perlu mengecek beberapa pengaturan bila memang speaker belum rusak.

Biasanya banyak orang yang mengira speaker smartphone tak mengeluarkan suara sama sekali karena rusak. Padahal tidak jarang juga hal ini terjadi karena kamu lupa mengecek pengaturan tertentu di dalam smartphone sehingga tidak mengeluarkan suara.

Cara mengatasi speaker smartphone tak bersuara tanpa servis dilakukan dengan mengecek dan memperbarui pengaturan. Namun, jika kamu telah mengecek dan memperbarui pengaturan yang ada di smartphone dan belum menyelesaikan masalah tersebut, kamu tentunya harus servis juga atau ganti smartphone yang baru. Hal ini berarti speaker memang telah rusak.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara mengatasi speaker smartphone tak bersuara dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019).

Cek Pengaturan Volume Suara Smartphone

Langkah pertama yang harus dilakukan saat speaker smartphone tiba-tiba tak bersuara adalah mengecek pengaturan volumenya.

Jika kamu tidak bisa mendengar suara lawan bicaramu selama percakapan, coba cek apakah fungsi speaker aktif. Jika memang aktif, ikon speaker akan berwarna dan menyala. Jika tidak, ketuk ikon speaker maka fungsinya akan aktif dan bisa digunakan.

Kemungkinan selanjutnya adalah mungkin saja volume smartphone terlalu rendah. Tekan tombol volume naik pada smartphonemu. Tombol ini biasanya terletak di sisi kiri hampir di semua ponsel. Tekan tombol itu untuk melihat indikator level volume.

Selain itu, kamu juga harus mengecek volume media. Caranya dengan, masuk ke Settings - ketuk Sound and Vibration - ketuk Volume - geser indikator volume media ke kanan untuk menaikkan volume. Pastikan juga fitur Do Not Disturb sudah tidak aktif.

Restart Smartphone

Jika kamu sudah memastikan semua pengaturan telah berjalan dengan baik namun speaker tetap tak bersuara, cara mengatasi selanjutnya adalah dengan melakukan restart. Memilih restart sering kali bisa menyelesaikan masalah gangguan program perangkat lunak yang mungkin menyebabkan speaker tidak berfungsi.

Tekan dan tahan tombol power sampai kamu melihat adanya opsi di layar smartphone. Ketuk restart untuk mengulang pengaturan smartphonemu.

Cek Kondisi Speaker

Cara mengatasi speaker smartphone tak bersuara selanjutnya adalah dengan mengecek dan membersihkan speaker.

Speaker smartphone mungkin saja kotor atau tersumbat, maka coba bersihkan agar suara dari speaker bisa jelas. Sebelum dibersihkan, matikan speaker terlebih dahulu. Gunakan kompresor udara untuk meniup debu dalam speaker. Kamu mungkin menemukan adanya sumbatan lain dalam speaker yang menghambat fungsinya.

Selain itu, kamu juga bisa mengeceknya dengan cara menggunakan headphone. Jika pada headsphone bisa keluar suara, maka bisa dipastikan speaker telah rusak.

Clear Cache Smartphone

Cara mengatasi speaker smartphone tak bersuara selanjutnya adalah dengan melakukan clear cache pada smartphone. Dengan melakukan clear cache ini dapat menormalkan kembali kerusakan yang sedang terjadi pada sistem. Dengan begitu kemungkinan masalah yang terjadi pada speaker pun bisa teratasi.

Caranya mudah, tinggal tekan tombol Power kemudian matikan HP, lalu tekan tombol Power + Volume UP dan tahan selama beberapa detik. Setelah masuk ke Recovery Mode, masuk ke bagian WIPE. Ketuk tombol Wipe Cache, Lalu konfirmasi.

Factory Reset

Jika semua cara sudah kamu coba dan masih belum berhasil, sebelum kamu membawanya ke service center, cobalah untuk melakukan factory reset pada smartphone. Hal ini dapat mengatur kembali berbagai pengaturan yang rusak menjadi pengaturan default.

Ketika kamu reset pengaturan ponsel ke default, mungkin saja aplikasi atau program yang menjadi penyebab speaker tidak berfungsi hilang. Masuk ke Settings - ketuk General Management - ketuk Reset Settings.

Jika berbagai cara ini tidak bisa menyelesaikan masalah speaker smartphone tak bersuara, maka kamu memang harus melakukan servis atau membeli smartphone baru.

Source: LIPUTAN6

No comments

Powered by Blogger.