7 Pantai Tersembunyi di Banyuwangi yang Menakjubkan


KABUPATEN Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ternyata memiliki banyak objek wisata alam menakjubkan termasuk pantai-pantai yang jarang diketahui banyak orang.

Daerah dengan julukan Kota Bahari yang terletak menghadap Selat Bali ini, tidak kalah menakjubkannya dengan Bali. Destinasi wisata di Banyuwangi menyembunyikan rahasia keindahan alam, seperti deretan pantainya yang sangat mengagumkan. Saat liburan ke Bali, tak ada salahnya Anda singgah dahulu di Banyuwangi untuk mengungkap harta karun tersembunyi di sana.

Melansir dari Indonesia Travel, berikut ini pantai-pantai yang sayang untuk Anda lewatkan kala menginjakkan kaki di Banyuwangi:

Pantai Pulau Merah

Pulau Merah atau dikenal sebagai Pantai Merah telah memikat wisatawan dengan pantai berpasir yang lembut dan garis pantai yang panjang. Pantai ini memiliki pulau sendiri yang memiliki tanah merah dan vegetasi hijau dengan bentuk yang kecil seperti gunung. 

Asal namanya berasal dari orang-orang yang melihat ini dari sudut pandang yang berbeda. Ada yang mengatakan dari warna tanah pulau, pasir kemerahan adalah campuran pasir putih dan tanah merah yang berasal dari pulau terdekat.

Dan lainnya mengatakan bahwa nama itu berasal dari pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan menyirami pantai dengan rona kemerahan. Dengan ombak rata-rata setinggi dua meter, pantai ini sangat cocok untuk melatih keterampilan berselancar Anda. Namun berenang tidak dianjurkan di sini karena gelombang yang kuat dari Samudra Hindia. 

Pulau Merah ini terletak sekitar 60 kilometer di selatan kota dan akan memakan waktu sekitar dua setengah jam berkendara untuk mencapai garis pantai yang menakjubkan ini.

Pantai Wedi Ireng

Wedi Ireng adalah salah satu surga tersembunyi di Banyuwangi. Dengan pemandangan yang indah, pantai yang tenang ini sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai ini akan membawa kenangan indah tentang Banyuwangi. 

Sambil menikmati waktu di pantai ini, pastikan keselamatan pribadi Anda sendiri. Harap perhatikan batas-batas dan tanda-tanda peringatan tentang ombak. Sebuah pulau terdekat juga terlihat dari pantai dan dapat dikunjungi dengan pemandu lokal untuk membantu Anda.

Pantai ini berjarak sekitar 3 km dari Pulau Merah. Anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk menuju ke arah Pantai Merah , yang akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Sebelum Anda melihat tanda masuk ke Pantai Merah, belok kanan dan langsung menuju Pantai Mustika. Di Pantai Mustika, Anda bisa membeli tiket kapal di loket info seharga Rp25.000 per orang untuk sekali jalan menuju Wedi Ireng.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade adalah bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Yang merupakan kawasan konservasi penting, karena hampir setiap malam sepanjang tahun, penyu mendarat di sini dari laut ke pantai berpasir untuk bertelur. Taman dan pantai dilindungi sepanjang waktu oleh penjaga taman. Sebuah penetasan penyu khusus juga dibangun untuk memastikan keamanan telur. 

Ini memang pengalaman unik untuk dapat melihat makhluk-makhluk indah ini perlahan-lahan mendarat di pantai di bawah cahaya bulan dan meletakkan ratusan telur berharga mereka. Penyu hijau biasanya tiba sekitar pukul 19.30 dan kembali ke laut sekitar tengah malam. Maka menginap lah di pondok lokal untuk malam hari untuk menyaksikan peristiwa alam ini.

Pantai ini berjarak sekitar 97 km barat daya Banyuwangi dan perjalanan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Anda harus berkendara melewati jalan yang kasar, dan menyeberangi beberapa sungai, perjalanan yang membutuhkan kendaraan 4 WD atau SUV besar yang dibangun untuk medan off-road. Akan lebih mudah untuk menyewa pemandu lokal yang memiliki transportasi yang sesuai diperlukan.

Pantai Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay adalah keajaiban lain yang menawan di dalam Taman Nasional Meru Betiri. Di pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari air biru kehijauan dan garis pantai pasir putih yang didukung oleh hutan hijau subur yang indah. 

Sebuah air terjun kecil dan aliran segar yang sejuk dapat dijadikan shower alami untuk membersihkan diri dari air yang asin. Beberapa monyet mungkin tampak menyambut Anda, tetapi pastikan untuk tidak memberi makan mereka.

Untuk tiba di tepi pantai ini, terdapat 2 pilihan yaitu melalui darat atau laut. Perjalanan darat membutuhkan transportasi offroad dengan pemandu dan pengemudi yang terampil. Pilihan kedua adalah mendekati pantai di tepi laut.

Pantai Senggrong

Senggrong merupakan sebutan penduduk setempat, pantai ini dikenal sebagai Teluk Biru atau Teluk Banyu Biru. Pantai ini penuh dengan kehidupan laut yang menjadikannya tempat snorkeling yang sempurna untuk menemukan surga bawah laut. Dengan karang berwarna-warni sebagai rumah bagi banyak ikan dan makhluk laut yang beragam. 

Tidak begitu banyak pengunjung yang datang ke perairan jernih yang memukau ini, karena lokasinya yang terpencil. Sebaiknya Anda tiba di sini antara fajar sampai siang hari, untuk menghindari air pasang tiba-tiba yang biasanya datang di sore hari, sebab pantai ini hanya bisa dicapai melalui laut. Kawasan ini juga dilindungi oleh komunitas konservasi, yang telah berjanji untuk menyelamatkan kelestarian bawah laut. 

Pantai Parang Ireng

Pantai Parang Ireng memiliki karakter paling unik yang dilihat dari atas pantai. Setelah trekking melalui hutan hujan yang rimbun, Anda akan menginjakkan kaki di pantai berpasir seperti lada kasar, di mana langkah-langkah Anda akan tenggelam.

Menyapa Anda di sisi kiri adalah pantai yang jernih dengan deburan ombak biru. Sementara di sebelah kanan Anda terdapat formasi bebatuan dan karang yang menakjubkan, kaya akan warna hitam, hijau dan warna kemerahan.

Sebuah batu hitam besar yang diyakini sebagai lava beku telah menyebabkan penduduk setempat menyebut tempat ini Parang Ireng atau Black Reef. Untuk ke pantai ini, dari Rogojampi di Banyuwangi, dilanjutkan ke Srono-Muncar dan Tegaldimo selama sekitar 2 jam. Dari Tegaldimo, anda dapat berkendara selama 1 jam untuk mencapai pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo.

Pantai Plengkung atau G-land

Pantai ini terletak di tepi hutan hujan yang lebat dan menawarkan keterampilan berselancar yang paling menantang di dunia. Karena resikonya, berselancar di pantai ini harus dilakukan oleh para profesional saja. Ada juga kamp peselancar di sini untuk pengunjung. Pantai ini adalah surga bagi peselancar yang telah mendapatkan ketenaran sebagai "Seven Giant Waves Wonder". 

Untuk ke pantai ini, memang cara termudah adalah dari Bali, karena ada feri yang menyeberang langsung ke G-land. Tapi, Anda juga dapat mencoba rute darat, yang lebih berat. 



Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.