AS harus membantu Taiwan meningkatkan kemampuan pertahanan untuk mencegah agresi China: Senator AS

Marco Rubio memperingatkan bahwa China mungkin menggunakan kekerasan terhadap Taiwan

Senator AS Marco Rubio (Youtube, tangkapan layar Hudson Institute)

TAIPEI - Senator Republik AS Marco Rubio mengatakan AS harus membantu Taiwan dalam meningkatkan kemampuan pertahanannya untuk mencegah agresi militer China.

"Kita harus membantu Taiwan untuk tidak menang dalam konflik habis-habisan dengan China, itu tidak mungkin, tetapi memiliki kemampuan untuk menaikkan biaya petualangan militer di sana ke tingkat yang tidak bersedia dibayar oleh China," kata Rubio selama remote. berbicara dengan lembaga pemikir yang berbasis di Washington, Hudson Institute, Rabu (23 September).

Diminta komentar tentang Taiwan yang menjadi "titik nyala" dalam ketegangan AS-China, Rubio, seorang pendukung setia Taiwan, mengakui bahwa masalah Taiwan itu "rumit" dan pada akhirnya bisa menjadi "garis merah" bagi Beijing. Dia menyebutkan bahwa China tidak akan melepaskan penggunaan kekuatan untuk menggunakan klaim kedaulatannya atas Taiwan, meskipun Beijing masih mencoba bekerja dengan tokoh politik di Taiwan untuk memanipulasi sistem yang ada untuk mencapai tujuan itu.

"Tapi [otoritas China] bersiap seperti mereka di Hong Kong untuk mengirim pasukan jika perlu," kata Rubio. Dia menekankan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan membuat biaya maju ke Taiwan terlalu tinggi untuk Beijing.


Rubio mencatat bahwa opini publik yang menguntungkan di Taiwan tentang China telah "terkikis" dalam beberapa bulan terakhir karena negara tersebut menikmati hubungan yang kuat dengan AS, yang juga menjadi lebih tegas ketika berurusan dengan China. Namun dia juga memperingatkan bahwa AS harus menavigasi hubungannya dengan Taiwan dengan hati-hati agar tidak memicu konflik di wilayah tersebut.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.